Tempat Wisata di Kota Kasongan, Yuk Mampir!

KASONGAN – Katingan adalah salah satu Kabupaten yang berada di Provinsi Kalimantan Tengah. Kabupaten ini memiliki semboyan “Penyang Hinje Simpei” yang artinya Hidup Rukun dan Damai untuk Kesejahteraan Bersama.

Di kabupaten ini banyak menyimpan tempat wisata yang menarik bagi para wisatawan baik dari dalam maupun luar daerah. Oleh karena itu jangan lewatkan liburanmu untuk tidak mengunjungi kabupaten ini.

Jika berkunjung ke terutama liburan ke Kabupaten Katingan jangan lupa mampir ke Bundaran Durian.

Bundaran Durian

Bundaran ini dibuat sebagai simbol bahwa Kabupaten Katingan merupakan salah satu daerah penghasil buah Durian terbaik.

Oleh karena itu, Pemerintah sempat mendirikan bangunan Bundaran Durian ini sebagai ikon Kabupaten Katingan.

Di tempat ini kalian bisa mengabadikan momen saat berada di kawasan sekitar Bundaran Durian.


Taman Religi Kasongan

Taman yang berada sekitar Masjid Baitul Yaqin dan Jembatan Kasongan tampaknya bakal menjadi tempat pavorit bagi warga untuk bersantai atau menghabiskan waktu di tempat ini.

Taman Religi ini di desain cukup bagus untuk ukuran warga Kasongan. Selain dilengkapi menara, Taman Religi yang sebagian lokasinya berada di bawah samping Jembatan Kasongan dan berada persis tepi Sungai Katingan ini cocok bagi warga untuk menikmati liburan di taman ini.


Taman Hijau Kasongan

Lokasi Taman Hijau Kasongan ini, berada di bagian depan kawasan perkantoran Bupati Katingan.

Kawasan taman ini, turut memperindah lokasi perkantoran Pemkab Kasongan, Kabupaten Katingan.

Lokasi taman hijau kasongan berada di Jalan Trans Kalimantan, menjadi tempat transit warga Kalimantan yang melakukan perjalanan jauh melintasi kabupaten dan provinsi yang ada di Pulau Kalimantan.


Objek wisata Ruang Terbuka Hijau (RTH)

Wisata baru ini dibangun di kota Kasongan salah satu wisata baru dan sangat representatif untuk dinikmati oleh masyarakat Katingan dan luar daerah lainnya.

RTH dibangun melalui Dana Reboisasi (DR) Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Katingan tersebut bangunannya dibuat berbentuk jembatan kayu yang ditata seunik mungkin untuk menarik minat pengunjung bahkan jika pada malam diterangi hiasan lampu-lampu yang unik. Lokasinya terletak di sekitar kawasan Pintu Gerbang Masuk Kantor Bupati Katingan, Jalan Tjilik Riwut kilometer 3, Kasongan.

Selain tempat wisata dalam kota tersebut Katingan memiliki banyak tempat wisata desa yang mampu menghipnotis para para wisatawan terutama dengan keindahan alamnya.

Bukit Batu

Bukit Batu merupakan salah satu obyek wisata alam yang terdapat di Kalimantan Tengah. Selain dikenal karena keindahannya, Bukit Batu dikenal dengan kisah mistis yang pernah dialami oleh Tjilik Riwut, salah satu Pahlawan Nasional dan tokoh pendiri Provinsi Kalimantan Tengah. Menurut cerita dari masyarakat sekitar, disinilah Tjilik Riwut melakukan pertapaan sebelum akhirnya memutuskan untuk ikut berjuang melawan penjajahan Belanda Kawasan Bukit Batu berada di wilayah Kasongan, Ibu Kota dari Kabupaten Katingan. Lokasinya persis dipinggir jalan lintas Kalteng.

(Kawit)