Fraksi PDIP Harapkan Perubahan APBD Dapat Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi

LULUS/BERITA SAMPIT- Rumiadi SE, SH.,MH

PURUK CAHU – Fraksi PDIP DPRD Kabupaten Murung Raya Rumiadi menyebutkan, penting yang perlu di bahas bersama selanjutnya adalah terobosan perubahan atas postur APBD mendatang yang sifatnya untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Catatan penting kami, perlu adanya Daya Dobrak untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat kita. Sehingga Belanja Modal yang memang masyarakat bisa langsung merasakan manfaatnya perlu peningkatan postur anggaran paling tidak 30 hingga 40 persen,” kata Sekretaris Fraksi PDIP Rumiadi, Rabu 27 Juli 2022.

Rumiadi menjelaskan, sebelumnya usulan peningkatan postur anggaran Belanja Modal ini tentunya seimbang dengan perampingan postur Belanja Operasional yang mencapai 70 persen pada APBD tahun 2021 yang lalu, atau sekitar Rp 865 miliar rupiah dari total APBD Kabupaten Murung Raya sekitar Rp 1,2 triliun rupiah.

BACA JUGA:   Doni Siap Bertarung di Pilkada Murung Raya 

“Kembali kami harapkan adanya Daya Dobrak mengingat rasio Belanja Modal tahun lalu masih sangat kecil, hanya berkisar 13 persen dari total APBD kita. Sehingga untuk memperbaiki kondisi perekonomian masyarakat perlu adanya peningkatan,” jelasnya lagi.

Fraksi PDIP menegaskan dengan adanya peningkatan kondisi perekonomian masyarakat ini nantinya, tentu harus menjadi perhatian penting Pemda Mura, untuk jauh-jauh hari sebelumnya untuk mempersiapkan terobosan kebijakan guna mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari semua sektor, salah satu yang menjadi perhatian fraksi PDIP ini adalah pada sektor strategis yaitu potensi pariwisata.

BACA JUGA:   Doni Siap Bertarung di Pilkada Murung Raya 

“Harus ada inovasi terobosan kebijakan untuk dapat menyerap PAD yang lebih banyak lagi, karena Tahun Anggaran 2021 lalu PAD kita tercatat masih sangat kecil. Yaitu hanya 6,29 persen atau sekitar Rp 82,1 miliar, pembangunan dan pengelolaan destinasi wisata merupakan sektor strategis yang bisa menjadi pilihan utama dari pihak pemda setempat,” pungkasnya.

(lulus)