Disporbudpar Katingan Dorong Peningkatan Masyarakat Sadar Wisata

KASONGAN – Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporbudpar) Kabupaten Katingan Risnaduar melalui sekretarisnya Ramang mengatakan untuk meningkatkan potensi pariwisata pihaknya melaksanakan sosialisasi masyarakat sadar wisata.

Kegiatan itu dirangkai dalam pelatihan dan pembinaan masyarakat dalam pengelolaan destinasi wisata, tujuan kegiatan ini tidak lain untuk mendorong masyarakat mampu memahami pengembangan kelembagaan pengelolaan potensi wisata di desa serta pengembangan dan pengelolaan produk pariwisata desa.

“Sosialisasi masyarakat sadar wisata nantinya kita (Disbudpar) laksanakan  mengundang  desa-desa yang memiliiki potensi wisata yang dimiliki. Seperti wisata alam, cagar budaya, sejarah, dan cagar alam,” kata Ramang, Kamis 28 Juli 2022.

Program sosialisasi masyarakat sadar wisata, jelasnya, dalam upaya meningkatkan pemahaman dan kecintaan masyarakat akan potensi wisata yang ada di daerahnya.

“Melalui sosialisasi masyarakat sadar wisata kita harapkan dapat memberi kesadaran kepada masyarakat untuk mencintai potensi wisata yang ada di daerahnya dan menciptakan sapta pesona pada objek wisata yang ada di wilayahnya, dalam upaya menarik minat wisatawan berkunjung ke daerah itu,” jelasnya.

Kegiatan yang digagas oleh Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disporbudpar) tersebut dalam rangka meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) pariwisata daerah yang unggul dan berdaya saing di Kabupaten Katingan terutama bagi peserta wilayah Kecamatan Mendawai, Marikit dan Kamipang.

“”Ada empat desa yang menjadi calon desa wisata tahun ini yang akan dilakukan pendampingan dan penilaian yakni Desa Karuing, Desa Jahanjang, Desa Talaga dan Desa Tumbang Samba,” pungkasnya.

(Kawit)