Diskominfopersantik Katingan Turun Pantau Isu Publik Soal Covid-19

ANNAS/BERITASAMPIT - Tim Pengelola Komunikasi Dan Informasi Publik Satuan Tugas (Satgas) Penanganan covid-19 pada Diskominfopersantik Katingan saat berkoordinasi bersama Camat Mendawai Purwoko.

KASONGAN – Pemerintah Daerah melalui Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfopersantik) Kabupaten Katingan melaksanakan kegiatan pemantauan atau pengawasan isu publik kepada masyarakat terkait penanganan wabah covid-19 di 13 Kecamatan di Kabupaten katingan

Khususnya di Kecamatan Mendawai, di mulai dari Selasa 9-13 Agustus 2022. Kegiatan ini dilakukan oleh sebanyak 5 orang Tim Pengelola Komunikasi Dan Informasi Publik Satuan Tugas (Satgas) Penanganan covid-19 pada Diskominfopersantik dengan Ketua Tim Kegiatan dari bidang Pengelolaan Komunikasi Publik (PKP), Ahmad Kasmiran, dan didampingi oleh Siti Marhamah, S.Kom, Hero Saputra, ST, Frans Nilwan Apriadi, ST dan Hendra, ST.

Kepala Diskominfopersantik Katingan, Wim, melalui Ketua Tim Kegiatan dari bidang PKP, Ahmad Kasmiran, mengatakan untuk pemantauan atau pengawasan isu publik kepada masyarakat tersebut mengunakan koesioner atau alat riset.

Di antaranya, melalui pertanyaan apakah masyarakat benar-benar mengetahui informasi tentang covid-19, apakah sudah di sosialisasikan, apakah masyarakat mengetahui cara pencegahannya dan sampai mana pelaksanaan penerapan protokol kesehatan covid-19.

BACA JUGA:   Bocah 9 Tahun Dikabarkan Hilang di Sungai Katingan

“Kemudian, sejauh mana penilaian masyarakat terkait kebijakan pemerintah dalam upaya penanggulangan covid-19, apakah masyarakat percaya wabah itu berbahaya dan seberapa percaya atas penyebarannya. Selain itu, survei ini ingin mengetahui apakah masyarakat sudah mendapatkan vaksin tahap 1 dan 2 hingga vaksin booster,” jelas Ahmad Kasmiran.

Lanjut mengatakan tujuan dari survei yang dilakukan ini adalah untuk mendukung penyusunan kebijakan pemerintah dalam percepatan penanganan covid-19 melalui penyediaan informasi tentang kepatuhan diri dan masyarakat sekitar terhadap protokol kesehatan.

“Alhamdulillah, tren penanganan covid-19 terus membaik, karena vaksinasi yang lengkap tentunya terbukti efektif menciptakan antibodi. Sehingga dapat menurunnya angka kasus dan indikator penanganan covid-19,” pungkasnya.

Dalam kesempatan yang sama Camat Mendawai, Purwoko, mengatakan bahwa sampai saat ini wilayah Kecamatan Mendawai sudah tidak ada lagi kasus pasien positif covid-19.

“Memang di awal-awal waktu itu ada beberapa warga kita yang kena wabah covid-19. Namun, Alhamdulillah untuk saat ini sudah nol kasus kejadian di wilayah kami. Tentunya, ini juga berkat dari pihak pemerintah daerah melalui Satgas Kecamatan untuk memberikan imbauan informasi kepada masyarakat agar disiplin menerapkan protokol covid-19,” jelas Purwoko.

BACA JUGA:   Pj Bupati Katingan Hadiri Peresmian Mal Pelayanan Publik dan Penguatan Komitmen Penerapan Digital

Dirinya menyambut baik dengan adanya kegiatan pemantauan isu publik kepada masyarakat terkait penanganan wabah covid-19 di Kecamatan Mendawai yang dilakukan oleh Tim Pengelola Komunikasi Dan Informasi Publik Satgas Penanganan covid-19 pada Diskominfopersantik Katingan.

“Saya sampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah daerah yang selalu memberikan perhatian yang baik kepada masyarakat baik itu melalui sosialisasi dan sebagainya di masing-masing desa serta kecamatan. Kami juga bersyukur, untuk vaksin tahap satu dan dua sudah sampai batas. Pasalnya, dari awal wilayah kita telah melampaui batas 70 persen penanganan vaksin covid-19,” pungkasnya.

(annas)