Pesona Air Terjun Tamanggung Tuyang di Desa Tumbang Manggu Katingan

Foto Dok. Pribadi Samsul Bahri salah satu polisi yang bertugas di wilayah tersebut saat itu.

KASONGAN – Objek wisata baru memang selalu di cari dan diburu untuk dikunjungi, terutama Air Terjun. Nah di Kabupaten Katingan terdapat banyak Air Terjun yang tersembunyi dan layak untuk dikunjungi.

Semakin tersembunyi semakin di cari karena yang tersembunyi memiliki panorama alam yang alami dan sangat nyaman bila berada di sekelilingnya. Selain itu, Kealamian inilah yang mejadikan pengunjung banyak memburunya, sebagian orang beburu foto (Hunting) agar foto yang dihasilkan eksotis dan ciamik agar banyak orang suka akan hasil fotonya, Namun ada juga yang menikmatinya dengan berenang ataupun bersantai di tepi Air Terjun.

Air Terjun Tamanggung Tuyang di Tumbang Manggu Kecamatan Sanaman Mantikei. Ini salah satu Aset di Kabupaten Katingan yang mesti di kelola. Tertegun, itu yang pertama kali terpikirkan di benak ketika melihat Air Terjun ini.

Wisata ini terletak di jalan HPH PT. DWIMA Km 27. Lokasinya 30 menit dari Tumbang Manggu, arah ke Tumbang Hiran. Bisa di tempuh melalui jalan darat dengan menggunakan kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

“Keberadaannya tak jauh dari pinggir jalan besar, hanya saja jika hujan jalan ke sana sedikit licin,” ungkap Rahmadi saat menceritakan Air terjun tersebut.

Sejauh ini, objek wisata budaya dan alam di Bukit Batu Kelurahan Kasongan Lama masih menjadi destinasi andalan para wisatawan. Selain lokasinya yang mudah terjangkau karena berada di jalan lintas, tarif masuknya pun cukup murah.

“Kalau di Bukit Batu jangan ditanya lagi. Jangankan sewaktu libur panjang, tiap akhir pekan saja pasti dipenuhi wisatawan dari berbagai daerah. Ini merupakan contoh kalau wisata di Katingan memiliki daya tarik tersendiri,” ungkap Anggota DPRD Katingan Budi Hermanto.

Menurut politikus Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) ini, masih banyak lagi tempat wisata alam dan budaya di Kabupaten Katingan. Hanya saja belum dikelola dan dikemas secara profesional.

“Kita punya Desa Tumbang Habangoi Kecamatan Petak Malai yang dikenal sebagai desa konservasi, dusun budaya di Tumbang Betung Kecamatan Katingan Hilir, Desa Tumbang Lahang Kecamatan Katingan Tengah dengan kekayaan budaya dan adat,” sebutnya.

Di samping itu, Desa Tumbang Atei Kecamatan Sanaman Mantikei juga memiliki air terjun yang begitu indah bernama Temanggung Tuyang.

“Saya berharap pihak desa setempat terus mengembangkannya secara profesional. Sehingga bukan wisatawan dari daerah kita saja yang datang, tapi juga menarik perhatian pengunjung dari luar negeri,” pungkasnya.

(Kawit)