Dilantik Jadi Ketua PMI Katingan, Nanang Suriansyah Targetkan Markas PMI Berdiri

PENYERAHAN CENDERA MATA : KAWIT/BERITA SAMPIT- Ketua PMI Kabupaten Katingan Nanang Suriansyah saat menyerahkan secara cinderamata ke Ketua PMI Provinsi Kalteng Suhaime disaksikan Sekretaris Daerah (Sekda) Pransang. Kamis 11 Agustus 2022.

KASONGAN – Dewan Kehormatan dan Pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Katingan masa bakti 2021 — 2026 secara resmi dilantik di aula Dinas Pendidikan Kabupaten Katingan. Kamis 11 Agustus 2022.

Prosesi pelantikan itu dilakukan Ketua PMI Provinsi Kalimantan Tengah. Disaksikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Katingan Pransang dan dihadiri jajaran Forkopimda dan organisasi kemasyarakatan, Adat dan Kepemudaan.

Bupati Katingan Sakariyas melalui Sekda Kabupaten Katingan Pransang mengaku sangat bangga dengan dedikasi yang telah ditunjukkan PMI Kabupaten Katingan. Kemitraannya bersama pemerintah pun ditunjukkan dengan aksi cepat tanggap kemanusiaan.

Pihaknya juga akan berjanji akan mengusahakan penganggaran untuk PMI Kabupaten Katingan termasuk infrastruktur yang diperlukan PMI seperti Sekretariat PMI.

“Selamat kepada dewan kehormatan dan pengurus yang sudah dilantik, selamat bekerja. Kami dari Pemkab mengapresiasi selama ini peran aktif PMI dalam membantu pemerintah dalam tanggap darurat kebencanaan dan aksi kemanusiannya. Tahun ini kita usahakan PMI bisa mendapatkan anggaran, terutama mengenai Sekretariat secepatnya dibuatkan surat agar nanti bisa kita usahakan gedung mana yang akan digunakan,” ungkap Prangsang. Kamis 11 Agustus 2022.

Prangsang juga mengapresiasi dan mengingatkan kepada seluruh pengurus dan relawan PMI bahwa mereka bekerja memberikan pertolongan berdasarkan kemanusiaan. Karena itu, PMI bekerja tanpa membeda-bedakan suku bangsa, agama dan ras.

BACA JUGA:   Pemkab Katingan Imbau Perusahaan Swasta Perhatikan Pembayaran THR Karyawan

“PMI harus memberikan layanan yang sama, tidak memihak satu sama lain. Apalagi Katingan sekarang menghadapi banjir, saya ucapkan terima kasih peran aktif PMI saya tau tahun kemaren waktu banjir juga ikut turun aktif membantu,” jelasnya.

Sementara Ketua PMI Provinsi Kalimantan Tengah Suhaimi mengatakan PMI merupakan mitra pemerintah artinya kepanjangan tangan pemerintah dalam membantu masyarakat.

Tugas PMI juga bukan hanya donor darah saja, namun menolong sukarela masyarakat yang membutuhkan dalam kondisi bencana apa saja. Sehingga sudah menjadi kewajiban menurutnya PMI juga dibantu Pemerintah dalam penganggaran.

“Saya yakin PMI sekarang bisa bekerja lebih baik lagi, sudah beberapa kali sebelum pelantikan ini kegiatan yang dilakukan PMI baik aksi kemanusiaan dan pengobatan gratis,” sebutnya.

Sementara itu Ketua PMI Kabupaten Katingan Nanang Suriansyah mengakui setelah pengurus PMI sebelumnya berakhir. PMI Katingan sempat mengalami kevakuman kepengurusan.

Kemudian baru sejak tanggal 31 Desember 2021 yang lalu baru terbentuk kembali kepengurusan yang baru. Dia berharap dengan dibentuknya kepengurusan yang baru ini bisa mendapatkan dukungan dari Pemkab Katingan. Selain itu juga dukungan dan binaan dari PMI Kalteng dalam melaksanakan tugas kemanusiaan.

BACA JUGA:   Satpol PP Katingan Keluarkan Surat Edaran Terkait Penjualan Miras hingga Hiburan Malam Selama Ramadan

“Sampai saat ini belum memiliki sekretariat, semoga dalam waktu dekat ini PMI Katingan bisa mendapatkan sekretariat markas PMI Katingan agar memudahkan dalam roda organisasi, dan keberadaan PMI dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Katingan,” harapannya.

Meski selama ini PMI Katingan tidak mempunyai dana operasional, PMI Katingan tetap eksis bergerak dibidang kemanusiaan, terbukti dengan berbagai kegiatan seperti kegiatan kemanusian di Kecamatan Tewang Sangalang Garing, Katingan Hilir, Mendawai dan Kecamatan Katingan Kuala.

“Kegiatan yang kami lakukan dalam bentuk pemberian pengobatan gratis, promosi kesehatan dan lainnya, sekali lagi saya mohon pak Sekda dukungannya untuk membantu PMI terutama soal markas PMI,” pungkasnya.

Sementara dalam susunan pengurus PMI Kabupaten Katingan, sebagai pelindung adalah Bupati Katingan. Ketua Nanang Suriansyah didampingi wakil ketua bidang organisasi Salappudin. Wakil Ketua bidang Penanggulangan Bencana Rudi Hartono, Wakil ketua Bidang Pelayanan Kesehatan dan Sosial Setia Jaya, Wakil Ketua Bidang PMR dan Sukarelawan Edi Rahmat Sosiawan, Wakil Ketua Bidang Penggalangan Dana Sarana dan Prasarana Endang Susilawati.

Mereka dibantu sekretaris Mijan, bendahara Siti Yustina, anggota Muhammad Efendi, H. Hanafi, Hamid Aprianto, Maspek, Dadang Prianto, Dajiriansyah, Sudarto.

(Kawit)