Dewan Dukung Tingkatkan PAD Melalui Sektor Wisata

Pengembang Pariwisata di Desa Tewang Kampung Kecamatan Mendawai Kabupaten Katingan

KASONGAN – Pemerintah Daerah Kabupaten Katingan berkomitmen meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui sektor pariwisata. Pasalnya, sektor pariwisata merupakan bentuk pemberdayaan masyarakat yang dapat meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Menyikapi hal tersebut Anggota DPRD Katingan Budy Hermanto mendukung langkah yang dilakukan pemerintah daerah. Menurutnya langkah Bupati Katingan dengan mengeluarkan Perbup No 17 tahun 2022 tentang Desa Wisata ini menunjukan komitmen dalam pengembangan wisata.

Dia mengatakan, salah satu upaya untuk membangun kemandirian ekonomi dan kesejahteraan masyarakat adalah melalui sektor pariwisata, yakni melalui daya dukung sektor primer dan jasa berbasis pemberdayaan masyarakat.

Dalam pengembangan wisata tersebut, konsep yang dinilai tepat dalam pengembangan wisata yaitu melalui community based tourism (CBT) yaitu wisata berbasis masyarakat, dimana pembangunan pariwisata berkelanjutan melalui pemberdayaan masyarakat dalam berbagai kepariwisataan. Salah satunya dengan pembentukan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

Lebih lanjut, Budy mengatakan, dalam pengembangan daya tarik wisata tersebut tidak dapat dilakukan oleh satu pihak saja. Melainkan dibutuhkan kolaborasi bersama antara pemangku kepentingan, baik itu OPD, Nagari, maupun masyarakat.

“Mari bersama kita turun tangan dan saling bergandengan untuk mewujudkan desa wisata yang unggul,” ajaknya.

(Kawit)