Pemkab Katinan Gencar Bantuk Desa Bina Wisata

Bupati Katingan Sakariyas Katingan saat mengunjungi Desa Tewang Kampung.

KASONGAN – Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dispobudpar)  Kabupaten Katingan bersama Pemerintah Desa Tewang Kampung melakukan Bina Wisata.

Salah satu agenda Pemerintah Desa ialah menyusuri sejumlah wisata di Tewang Kampung, diantaranya wisata Pulau Langkapuri.

Sekretaris Dispobudpar Katingan Ramang menyampaikan, langkah awal yang dilakukan pada saat Bina Wisata adalah membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

Tahun 2022 Wakil Bupati Katingan Sunardi N.T Lintang mengukuhkan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Garu Langit di Desa Tewang Kampung, Kecamatan Mendawai.

Dia juga menjelaskan pemerintah daerah telah membentuk tim pendamping dan penilai desa wisata dalam rangka penetapan desa wisata dengan pengembangan pariwisata berbasis masyarakat, budaya dan lingkungan.

“Kami terus bergerak mengembangkan wisata kita, Bupati dalam beberapa kesempatan, mengajak kita tetap aktif dan kreatif. Juga menekankan untuk mempersiapkan pariwisata agar bisa memiliki daya saing,” tuturnya.

Untuk melestarikan seluruh daya tarik yang ada, akan dijadikan sebagai destinasi wisata yang akan dikelola desa melalui BUMdesa didukung Pokdarwis (kelompok sadar wisata) yang terbentuk di desa.

Tak hanya itu, pengembangan potensi wisata juga dapat meningkatkan perekonomian warga juga meningkatkan peran serta dan daya saing masyarakat di desa.

(Kawit)