Pariwisata dan Pelaku UMKM Diminta Bergandengan Majukan Daerah

Pengunjung Wisata Bukit Raya mengedukasikan beragam buah-buahan.

KASONGAN – Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) diharapkan bisa bergandengan dengan pengembangan pariwisata. Tujuannya agar keberadaan wisata dapat mendorong roda perekonomian daerah yang lebih baik lagi kedepannya.

Hal tersebut diungkapkan salah satu UMKM M. Iqbal Nawawi, ia menilai jika perkembangan objek wisata mampu mengangkat potensi UMKM dan menjadi modal utama dalam meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

Dia juga mengapreasiasi pemerintah daerah mulai kembangkan agro wisata dengan terus membenahi kebun raya Kasongan. Saat ini, kebun raya yang diresmikan sejak 2016 silam itu sudah memiliki lebih dari 500 jenis tumbuhan dan atau buah-buahan tropis.

“Di Kasongan ada kebun raya. objek wisata buah yang bisa menjadi tempat belajar bagi anak-anak,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Katingan, Hap Baperdo mengatakan dari puluhan kebun raya yang ada di Indonesia, Kebun Raya Katingan menjadi satu-satunya kebun raya dengan tema koleksi tumbuhan buah tropis.

“Ini merupakan upaya pelestarian dan konservasi untuk tumbuhan atau buah-buahan tropis Indonesia dan khususnya Katingan seperti buah durian,” kata Hap Baperdo.

Sebagai kebun raya pertama di Kalteng, Kebun Raya Katingan memiliki luas sekitar 127 hektare, terletak di Jalan Tjilik Riwut Km 13 Kasongan dan berdampingan dengan tempat wisata Bukit Batu Kasongan.

“Pembangunan Kebun Raya Katingan merupakan hasil kerja sama antara Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan Pemerintah Kabupaten Katingan,” ucapnya yang pernah menjabat Kadishut Katingan itu.

(Kawit)