Ajak Pemuda Lestarikan Budaya

Penyerahan Piagam pemuda pelopor dibidang pariwisata ke Raya Sadianor di acara Festival Kreativitas Budaya Anak Tabela (FKBAT).

KASONGAN – Dalam rangka peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun 2022, Pemerintah Kabupaten Katingan melalui Disporbudpar menggelar kegiatan Festival Kreativitas Budaya Anak Tabela (FKBAT).

Kegiatan yang berlangsung sejak tanggal 4-6 Oktober ini, dibuka langsung oleh Plt Asisten I Setda Katingan Deddy Ferras di Sport Center Kasongan.

Bupati Katingan Sakariyas dalam sambutan yang dibacakan oleh Asisten I Sekda Katingan Deddy Ferras menyampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari program Kabupaten Layak Anak (KLA).

Kegiatan ini dinilainya sangat positif, untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap budaya sendiri. Oleh sebab itu dia ingin kegiatan FKBAT ini bisa dilaksanakan menjadi agenda tetap yang digelar setiap tahun.

“Generasi muda di daerah kita ini harus diberikan motivasi, dan spirit. Sehingga mereka bisa selalu berkarya mengembangkan dan melestarikan nilai budaya lokal, melalui kegiatan festival seperti ini,” ujar Deddy menyampaikan sambutan bupati.

Apalagi di tengah kondisi saat ini, lanjutnya, ada pengaruh luar yang dampaknya sudah dirasakan. Untuk itu perlu segala upaya untuk menangkal dampak negatif dari budaya-budaya luar, yang bisa merusak kearifan lokal. Terutama di bidang seni dan budaya.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada panitia yang telah menggelar kegiatan ini. Kepada para peserta yang datang dari kecamatan, ikuti kegiatan ini dengan baik, tunjukkan penampilan dengan maksimal, dan semangat sportivitas,” tegas Sakariyas dalam sambutannya.

Sekadar diketahui, dalam kegiatan festival ini panitia menggelar empat macam lomba. Seperti lomba seni lukis tradisional, lomba mandare amak purun (tikar purun), lomba egrang, dan lomba mangaruhi. Kegiatan ini dipusatkan di Sport Center Kasongan.

(Hms)