Lewat Program Inklusi, Muhammadiyah Turunkan Stunting

ANTARA/BERITA SAMPIT - Pengurus Aisyiyah dari pusat, wilayah Kalsel dan Daerah HSU menghadiri acara dimulainya pelaksanaan Program Inklusi Aisyiyah di Gedung Agung Amuntai, Kamis (6/10/22).

HULU SUNGAI UTARA – Perserikatan Muhammadiyah melalui Pengurus Daerah (PD) Aisyiyah Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan memulai Program Inklusi untuk penurunan angka stunting, perkawinan usia anak, pemenuhan Hak -hak Kesehatan Seksual dan Reproduksi (HKSR).

Pelaksana Tugas Bupati Hulu Sungai Utara Husairi Abdi di Amuntai, Kamis 6 Oktober 2022, mengatakan Program Inklusi Aisyiyah selaras dengan visi dan misi Pemkab Hulu Sungai Utara untuk peningkatan kualitas hidup masyarakat dan kualitas sumber daya manusia.

“Tujuan yang ingin dicapai Program Inklusi fokus pembangunan seperti penurunan angka stunting, pemenuhan HKSR, pencegahan perkawinan anak dan pemberdayaan ekonomi,” ujarnya.

Pimpinan PD Aisyiyah Kabupaten Hulu Sungai Utara Isnainah mengatakan, sebanyak enam desa akan menjadi lokus pelaksanaan Program Inklusi di HSU, yakni Desa Baruh Tabing, Rantau Bujur, Murung Panggang, Cangkering, Murung Asam, dan Padang Bangkal.

“Dengan kegiatan langsung di masyarakat memastikan tidak ada elemen masyarakat yang tertinggal dalam pembangunan,” kata Isnainah.

Dikatakan, PD Aisyiyah akan melakukan pelatihan kader yang akan menjadi penggerak pembangunan di tingkat desa dan komunitasnya.

Pimpinan Pusat Aisyiyah Rosyidah mengatakan Program Inklusi dilaksanakan di lima provinsi termasuk Kalimantan Selatan yakni di Kabupaten Hulu Sungai Utara.

“Salah satunya upaya untuk menurunkan angka stunting, yakni dengan mendirikan rumah gizi di setiap desa yang menjadi lokus,” katanya.

Ia mengingatkan bahwa Aisyiyah selama ini dikenal sebagai gerakan perempuan Muhammadiyah yang memiliki banyak kegiatan yang menyentuh langsung kepada masyarakat

Sebagaimana organisasi Muhammadiyah lainnya, Aisyiyah juga memiliki program rutin baik di bidang kesehatan, ekonomi, sosial dan pendidikan. (Antara).