Pengelola Wisata Diminta Jalankan Protokol Kesehatan Ketat

Kunjungan wisatawan di Bukit Batu.

KASONGAN – Anggota DPRD Katingan Budy Hermanto mengatakan pandemi virus corona (COVID-19) telah memukul berbagai sektor, termasuk pariwisata. Dia berharap di masa new normal bisa bangkit kembali.

Menurut politikus Partai Gerindra ini, untuk memberikan keamanan dan kenyamanan pengunjung, pengelola wisata harus siap menjalankan protokol kesehatan COVID-19. “Jalankan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah dengan ketat. Sediakan fasilitas cuci tangan, wajib menggunakan masker dan menjaga jarak,” katanya.

Dia juga mengapresiasi progam desa wisata yang sekarang sedang digodok Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dispobudpar) Kabupaten Katingan. Dia berkeyakinan Katingan memiliki potensi alam yang bisa menjadi daya tarik wisatawan hadir ke Bumi Penyang Hinjei Simpei.

“Saya berharap agar keberadaan objek wisata ini mampu memberikan kesejahteraan warga sekitar,” katanya.

Sekretaris Dispobudpar Katingan Ramang mengatakan setelah sebelumnya sempat ditutup, akhirnya objek wisata Bukit Batu dan Punggu Alas telah resmi dibuka kembali. Hanya saja para pengunjung diwajibkan mematuhi protokol kesehatan.

”Dua objek wisata tersebut dibuka, dengan aturan harus mematuhi protokol kesehatan secara ketat, itupun memalui proses minta rekom dari satgas covid.” katanya.

Ia menjelaskan, bahwa kapasitas pengunjung saat ini dibatasi tidak boleh lebih dari 30 persen, dengan satu pengunjung maksimal lama berkunjung 3 jam.

Aturan tersebut nantinya dikoordinasi dengan satgas covid, dan seminggu sekali lokasi wisata ini dilakukan penyemprotan.

Menurutnya, pada tahun 2020 lalu, ada masuk anggaran dari pihak pusat dalam bentuk dana DAK fisik, sebab satu – satunya obyek wisata baru satu bukit batu yang masuk DAK tersebut. Saat ini pihaknya menargetkan legalitas kawasan antara lain menyangkut legalitas aset tanah.

Pada hari – hari biasa tambah dia, lebih dari itu jumlah pengunjung dan PAD masih kecil kerena menggunakan Perbup yang lama, untuk anak anak berkisar Rp.1000, dewasa Rp.2000 parkir mobil masuk Rp.2000

(Kawit)