Wabup Inginkan Siswa Asal Gumas Ikut Program ESA di Jerman 

M.Slh/BERITA SAMPIT - Wakil Bupati Gunung Mas, Efrensia LP Umbing saat di wawancara awak media.

KUALA KURUN – Wakil Bupati Gunung Mas, Provinsi Kalimantan Tengah, Efrensia LP Umbing menyambut baik atas pelaksanaan program dari Yayasan Esa Sinergi Ausbildung (ESA) dalam meningkatkan keterampilan dan kemampuan mereka, agar dapat mengikuti program tersebut.

Yayasan Sinergi Ausbildung sendiri adalah sebuah lembaga bahasa yang melatih bahasa Jerman dan keterampilan dalam kepemimpinan. Yayasan ini bekerjasama langsung dengan Jerman. Siswa yang telah dilatih, akan dikirim ke Jerman untuk magang, dalam arti kuliah sambil bekerja.

BACA JUGA:   Polres Gunung Mas Terapkan Tes Urine Bagi Personel Tanpa Keterangan dan Anggota Miliki Penyakit Menahun Didata

Dirinya menambahkan, pendidikan dari program Yayasan Esa Sinergi Ausbildung tidak menghasilkan kesarjanaan ataupun gelar sarjana, melainkan kompetensi internasional yang dikeluarkan sertifikasinya oleh pemerintahan Jerman.

“Yang menariknya adalah langsung berkerja dan siswa tidak lagi mengeluarkan biaya di sana Bahkan mereka juga diberikan uang saku, biaya kehidupan, asuransi maupun transportasi,” terang Efrensia LP Umbing. Senin 24 Oktober 2022.

BACA JUGA:   Dinas PU Gunung Mas Selesaikan Rekonstruksi Jalan Piere Tendean III di Kecamatan Kurun

Sementara itu, Pembina ESA, Adenand mengungkapkan, untuk lama menempuh pendidikan di Jerman sendiri minimal tiga tahun, bahkan ada yang kurang dari tiga tahun.

“Anak didik yayasan mendapatkan pelajaran secara ilmu pengetahuan keterampilan, teknik profesional, yang artinya mereka tidak sekedar lulus melainkan siap kerja secara profesional di tingkat nasional,” tutur Adenand, (Ale)