Sumpah Pemuda di Lapas Sampit Tingkatkan Jiwa Persatuan dan Nasionalisme

IST / BERITA SAMPIT - Peringatan Sumpah Pemuda di Lapas Sampit diikuti pegawai dan warga binaan.

SAMPIT –  Seluruh Pegawai dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Sampit Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah melaksanakan upacara bendera memperingati Hari Sumpah Pemuda Ke-94 Tahun 2022, Jumat 2 Oktober 2022.

Kegiatan ini dijadikan sebagai momentum meningkatkan persatuan, kesatuan dan nasionalisme serta cinta tanah air demi kemajuan bangsa dan negara.

Dengan mengenakan pakaian adat kebangsawanan Suku Dayat Sampit, Kalapas Sampit Agung Supriyanto memimpin langsung dengan menjadi inspektur upacara dalam kegiatan ini sekaligus membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olah Raga Republik Indonesia, Zainudin Amali.

Dalam sambutannya disampaikan bahwa Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran kepada kita bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan.

BACA JUGA:   Disdik Kotim Instruksikan Sekolah Implementasikan Pendidikan Antikorupsi 

“Tema dalam peringatan Sumpah Pemuda tahun ini adalah Bersatu Bangun Bangsa, memberikan pesan mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan dan persatuan yang menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi Bangsa Indonesia,” katanya.

Menurutnya, generasi muda telah mencatatkan tinta emas perjuangan dengan semangat jiwa persatuannya, untuk itu mari semangat itu kita lanjutkan dalam rangka menghadapi berbagai tantangan kedepan

Kalapas Sampit juga menambahkan bahwa sebagai Aparatur Sipil Negara, Pegawai Lapas Sampit untuk terus membina persatuan dan kesatuan serta menghindari perpecahan baik agama dan suku serta mampu memunculkan ide-ide kreatif serta inovatif dalam rangka bersama-sama menjalankan tugasnya dengan baik untuk memberikan layanan prima kepada WBP maupun masyarakat serta melakukan pembinaan yang terbaik kepada para WBP

BACA JUGA:   Sebanyak 838 PPPK Kotim Resmi Dilantik

“Terima kasih atas terselenggaranya kegiatan Upacara Peringatan Sumpah Pemuda ini. Hal ini menunjukkan bahwa seluruh Pegawai dan WBP Lapas Sampit selalu menghargai jasa para Pahlawan Kusuma Bangsa. Mari kita jadikan momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda ini menjadi tonggak untuk semakin meningkatkan jiwa persatuan, kesatuan, nasionalisme serta cinta Tanah Air, Bangsa dan Negara,” pungkasnya.(naco)