Reses Pegang Peran Dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan

IST/BERITA SAMPIT - Ketua DPRD Seruyan Zuli Eko Prasetyo.

KUALA PEMBUANG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan menyebutkan bahwa agenda reses yang dilaksanakan oleh lembaga tersebut memegang peranan penting dalam merumuskan perencanaan maupun pelsksanaan pembangunan di lapangan.

Ketua DPRD Seruyan Zuli Eko Prasetyo mengatakan, agenda reses tersebut pada dasarnya merupakan hasil kesepakatan musyawarah untuk mufakat melaksanakan program-program pembangunan daerah pada tahun berjalan bagi para pemangku kepentingan.

“Tentu ada maksud serta tujuan tersendiri dari pelaksanaan reses yang merupakan agenda dari kegiatan anggota DPRD yang dilaksanakan tiga kali dalam satu tahun kerja ini, yang pertama yakni tentu saja menyerap, menampung, menggali serta menindaklanjuti aspirasi-aspirasi masyarakat terkait perencanaan dan pelaksanaan pembangunan di wilayah Bumi Gawi Hatantiring,” katanya, Jumat, 4 November 2022.

BACA JUGA:   Susun Jadwal, DPRD Gelar Banmus bersama Eksekutif

Ia mengatakan, hal tersebut juga bertujuan untuk memberikan pertanggungjawaban atas tugas dan kinerja selaku anggota DPRD serta sebagai wujud tanggungjawab moral yang fundamental dan substansial terhadap Daerah Pemilihan (Dapil) masing-masing serta merupakan forum pendidikan agar berperan aktif dalam mensukseskan tata pemerintahan dalam membangun daerah.

Disamping itu, hasil reses juga dapat dijadikan bahan untuk dituangkan pada dokumen pembangunan berupa Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) yang secara terus menerus selama tahun berjalan memerlukan kesungguhan dan komitmen serta semangat dan etos kerja dalam melaksanakan tugas sesuai dengan fungsi dan kewajiban masing-masing.

BACA JUGA:   Susun Jadwal, DPRD Gelar Banmus bersama Eksekutif

“Sebagai sarana edukasi dan informasi, dalam reses tersebut biasanya kita juga mengimbau masyarakat untuk melengkapi berkas administrasi diri, seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan lain-lain, serta mensosialisasikan informasi berkenaan dengan program atau kebijakan dari pemerintah, supaya mereka juga bisa terlibat dan berperan dalam pembangunan tersebut,” pungkasnya.