Ajak Pemuda Pertahankan Budaya Katingan

Plt Asisten I Setda Kabupaten Katingan Deddy Ferras saat menghadiri kegiatan temu budaya.

KASONGAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan mendukung kegiatan temu budaya yang digagas Dinas Kebudayaan Kepemudaan, Olah Raga, serta Pariwisata Kabupaten Katingan dalam rangkan peningkatan dan pengembangan sumberdaya manusia serta lembaga budaya.

Kabupaten Katingan memiliki memiliki potensi budaya yang besar untuk merajut tali persaudaraan di tengah keberagaman masyarakat yang memiliki sifat universal atau umum.

Untuk itu masyarakat diminta untuk memelihara dan mempertahankan keberadaan budaya daerah yang diwariskan secara turun temurun.

Hal ini disampaikan Bupati Katingan Sakariyas dalam sambutannya yang dibacakan oleh Plt Asisten I Setda Kabupaten Katingan Deddy Ferras, pada pembukaan kegiatan temu budaya tahun 2022 di aula Bappelitbang Kabupaten Katingan, Kamis 17 November 2022.

“Berbagai kelompok masyarakat yang berbeda kebudayaannya bisa memahami, dan menghayati budaya dari luar kelompok mereka. Sebab budaya senantiasa menyuguhkan kesamaan kebutuhan manusia di bidang keindahan dan kedamaian hidup,” ucapnya.

Kemudian berpatokan pada prinsip dan jiwa budaya yang universal. Maka kekayaan budaya di Kabupaten Katingan, dapat dijadikan sebagai salah satu alat untuk mempererat kekeluargaan dalam rangka memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

“Kebudayaan daerah Kabupaten Katingan ini sangat menarik perhatian berbagai pihak. Terutama bagi mereka pemerhati budaya. Namun yang terjadi saat ini, banyak generasi muda kita yang terkesan tidak peduli, bahkan tidak mengenal sebagian dari budaya itu,” ujarnya.

Saat ini lanjut pria yang juga menjabat sebagai Kepala Inspektorat Kabupaten Katingan ini, generasi muda lebih suka dengan kebudayaan asing. “Oleh sebab itu, jika hal ini tidak segera kita tangani. Maka kedepan, budaya daerah kita ini bisa hilang tak tersisa. Sebab tidak ada generasi muda yang mau melestarikan warisan kebudayaan daerah kita,” ucapnya.

Oleh sebab itu, Pemerintah Kabupaten Katingan sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan ini. Sehingga bisa mengubah pola pikir generasi muda di Kabupaten Katingan. “Agar generasi muda kita bisa lebih peduli dengan kebudayaan daerahnya,” kata Deddy Ferras.

Sementara Kepala Dinas Kebudayaan Kepemudaan, Olah Raga, serta Pariwisata Kabupaten Katingan Risnaduar menambahkan, bahwa tujuan dari kegiatan ini diantaranya sebagai perlindungan dan pembinaan terhadap kebudayaan yang dimiliki oleh daerah Kabupaten Katingan. “Sehingga budaya kita bisa tetap terpelihara dengan baik,” tandasnya

(Kawit)