Barito Utara Lakukan Vaksinasi Rabies pada Hewan Peliharaan Warga

Vaksinator dari Dinas Pertanian Barito Utara melakukan vaksinasi rabies terhadap binatang peliharaan warga di Desa Trahean, Kecamatan Teweh Selatan, Kamis (17/11/2022). ANTARA/HO-Dinas Pertanian Barito Utara

MUARA TEWEH – Dinas Pertanian Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah melakukan vaksinasi rabies gratis pada beberapa jenis hewan peliharaan, khususnya anjing, kucing, dan kera di Desa Trahean, Kecamatan Teweh Selatan.

“Kegiatan vaksin rabies ini dilakukan dalam rangka untuk mencegah penyebaran penyakit menular (rabies, red.) yang disebabkan oleh gigitan hewan liar maupun hewan peliharaan warga,” kata Kepala Dinas Pertanian Barito Utara Syahmiludin A. Surapati di Muara Teweh, Jumat 18 November 2022.

Dalam kegiatan melalui Bidang Peternakan Dinas Pertanian Barito Utara ini, katanya, jumlah personel yang melakukan vaksinasi bila dibandingkan dengan luas wilayah setempat sebagai terbatas.

Namun, kata dia, hal itu tidak menyurutkan semangat vaksinator untuk memastikan Kabupaten Barito Utara aman dan bebas dari penyakit rabies pada hewan peliharaan,

“Suntikan vaksin rabies tersebut diperuntukkan bagi hewan yang belum terinfeksi virus rabies, agar hewan tersebut tidak terinfeksi. Vaksinasi ini menyasar rumah-rumah warga yang memiliki hewan peliharaan yang bisa terjangkit rabies di Desa Trahean,” katanya.

Dia juga mengatakan bahwa dibutuhkan kesadaran masyarakat dalam membantu petugas untuk melakukan vaksinasi hewan peliharaan mereka, mengingat penyakit rabies berbahaya bagi manusia.

“Melalui vaksinasi ini, kami berharap masyarakat terlindungi dari penularan penyakit rabies dari gigitan hewan yang telah terinfeksi,” kata Syahmiludin.

Ia mengemukakan bahwa vaksinator akan melaksanakan tugas seoptimal mungkin.

“Bila ada saudara kita yang ingin memeriksakan kesehatan hewan peliharaannya maupun vaksinasi dapat menghubungi petugas yang ada di lapangan ataupun bisa datang langsung ke klinik pelayanan kesehatan hewan di Bidang Peternakan Dinas Pertanian Barito Utara,” ujar dia.

(ANTARA)