Enam Kabupaten di Kaltim Diprakirakan Hujan Petir Minggu-Senin

ANTARA/BERITA SAMPIT - Informasi prakiraan cuaca di Kabupaten Kutai Timur pada Minggu-Senin yang dirilis BMKG Balikpapan di Balikpapan, Sabtu 19 November 2022.

BALIKPAPAN – BMKG memprakirakan enam kabupaten di Provinsi Kaltim mengalami hujan lebat hingga hujan petir yang dapat disertai angin kencang pada Minggu-Senin (20-21/11), sehingga semua pihak diminta waspada terhadap dampaknya.

“Peristiwa ini dapat menyebabkan banjir, sungai meluap, pohon tumbang, dan tanah longsor, sehingga kewaspadaan harus ditingkatkan,” ujar Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Idham Chalid di Balikpapan, Sabtu 19 November 2022.

Informasi prakiraan cuaca ini pun telah disampaikan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota, agar dapat dilakukan antisipasi untuk meminimalisir dampaknya ke masyarakat.

Ia merinci, Kabupaten Berau pada Minggu sekitar pukul 23.00 wita diprakirakan terjadi hujan lebat hingga hujan petir pada lima kecamatan, yakni Tanjung Redeb, Pulau Derawan, Gunung Tabur, Sambaliung, dan Teluk Bayur, sedangkan pada Senin dini hari, hujan ringan berpotensi terjadi pada lima kecamatan tersebut.

BACA JUGA:   Warga Kotim Merasa Gempa Bumi Dua Kali Dalam Sehari

Di Kabupaten Kutai Kartanegara pada Minggu sekitar pukul 20.00 Wita, hujan lebat hingga hujan lebat diprakirakan terjadi pada tiga kecamatan, yakni Kecamatan Tabang, Kembang Janggut, dan Kecamatan Kenohan.

Pada Minggu sekitar pukul 23.00 wita, hujan petir diprakirakan terjadi di Kecamatan Tenggarong Seberang, kemudian Senin dini hari sekitar pukul 02.00 wita, hujan petir berpotensi terjadi di Kecamatan Tabang.

Untuk Kabupaten Kutai Barat, pada Minggu sekitar pukul 20.00 wita, hujan petir diprakirakan terjadi pada 12 dari 17 kecamatan yang ada, sehingga lima kecamatan yang hanya hujan ringan dan cerah adalah Kecamatan Bentian Besar, Bongan, Damai, Penyinggahan, dan Siluq Ngurai.

BACA JUGA:   Warga Kotim Merasa Gempa Bumi Dua Kali Dalam Sehari

Kabupaten Kutai Timur pada Minggu sekitar pukul 14.00, hujan petir diprakirakan terjadi di Kecamatan Muara Wahau dan Busang, pukul 20.00 wita, hujan lebat di Kecamatan Batu Ampar, Muara Ancalong, Long Mesengat, Muara Bengkal, dan Kecamatan Telen.

Sekitar pukul 23.00 wita, hujan petir diprakirakan terjadi di Kecamatan Kongbeng, Sangatta Utara, dan Sangatta Selatan, pada Senin dini hari, hujan ringan diprakirakan terjadi pada 10 kecamatan, antara lain Batu Ampar, Muara Ancalong, dan Muara Wahau.

“Untuk Kabupaten Mahakam Ulu, sekitar pukul 17.00, hujan petir diprakirakan terjadi di Kecamatan Laham, pukul 20.00 wita diprakirakan terjadi di Kecamatan Long Bagun dan Long Hubung,” ujar Idham. (Antara).