Maksimalkan Pengelolaan Anggaran Desa Untuk Tingkatkan PADes

IST/BERITA SAMPIT - Ketua DPRD Seruyan Zuli Eko Prasetyo.

KUALA PEMBUANG – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan Zuli Eko Prasetyo meminta kepada pemerintah desa (pemdes) di wilayah Kabupaten Seruyan agar bisa memaksimalkan penggunaan anggaran desa, baik itu Anggaran Dana Desa (ADD) maupun Dana Desa (DD) masing-masing.

Penggunaan DD dan ADD tersebut, salah satunya untuk memaksimalkan upaya dalam rangka penggalian potensi desa yang bisa meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes).

BACA JUGA:   Susun Jadwal, DPRD Gelar Banmus bersama Eksekutif

“Maksimalkan penggunaan DD maupun ADD untuk menggali potensi-potensi desa yang sekiranya mampu meningkatkan PADes. Salah satunya mungkin adalah potensi dari sektor wisata,” katanya, Senin, 21 November 2022.

Selain itu, dia juga menapresiasi terhadap inovasi pemdes-pemdes di Seruyan yang telah mengembangkan potensi desanya melalui sektor wisata.

“Kita apresiasi, saya juga sering bertemu dengan pihak desa, saya bilang silahkan berinovasi dengan memanfaatkan potensi atau sumber daya yang ada di masing-masing desa,” ujarnya.

BACA JUGA:   Susun Jadwal, DPRD Gelar Banmus bersama Eksekutif

Sebab, menurutnya penggunaan anggaran desa untuk peningkatan realisasi PADes ini sendiri tentunya juga terhubung dengan upaya peningkatan perekonomian atau kesejahteraan masyarakat desa.

“Jadi untuk peningkatan PADes itu adalah yang pertama, dan yang kedua juga saya tekankan penggunaannya untuk kesejahteraan masyarakat. Tapi itu saling berkaitan satu sama lain,” pungkas Eko.