P5 Siswa SMP Negeri 1 Sampit Tahap Dua Usung Tema Bangun Jiwa dan Raganya

IST/BERITA SAMPIT - Siswa-siswi SMP Negeri 1 Sampit saat tampil aksi P5 tahap kedua.

SAMPIT – Siswa-siswi SMP Negeri 1 Sampit Kabupaten Kotawaringin (Kotim) melaksanakan kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang kedua dengan tema Bangun Jiwa dan Raganya.

“Anak diberikan pilihan membuat kreasi olahraga senam, yel yel, atau kampanye,” kata Kepala SMP Negeri 1 Sampit melalui Wakil Bidang Kesiswaan Yuli Karyati pada Senin 21 November 2022

Yuli mengatakan siswa tampil pada hari perayaan aksi kedua yaitu 1 dan 2 November 2022 lalu, dilaksanakan dua hari karena tampil bergiliran sehingga lebih lama waktunya, kelas VII ada sembilan ruang, setiap ruang dibagi enam kelompok.

BACA JUGA:   Berbagi di Bulan Ramadhan, HIMPAUDI Kotim Salurkan Bantuan Untuk Anak Yatim dan Lansia

Dirinya berharap dengan P5 tahap kedua siswa mampu tampil percaya diri, bisa berbicara di depan umum, serta melatih kekompakan dan kerjasama dalam tim.

“Untuk kampanye siswa bisa menyuarakan pikiran mereka, bisa tampil percaya diri karena tanpa teks dan tema yang mereka bawa bermacam-macam, mulai dari kesehatan remaja, makanan sehat, dan juga membuat sendiri spanduk atau poster,” ungkapnya.

Ia menambahkan P5 nantinya juga dinilai tersendiri dalam raport selain mata pelajaran, dan siswa memiliki portofolio yang mereka isi selama dua pekan apa saja yang mereka ambil pelajaran dari proses pembuatan nanti guru akan menilai portofolio mereka.

BACA JUGA:   Fajrurahman Sosok yang Patut Diperhitungkan di Pilkada Kotim

“Secara individu mereka mengisi portofolio, perasaan mereka selama mengerjakan, nilai yang bisa dipetik, senang atau ada keluhan, dan kendala serta solusi yang mereka bisa pikirkan disitu prosesnya siswa yang mengisinya menjadi bahan penilaian guru nantinya,” pungkasnya. (Nardi).