Susur Sungai di Desa Karuing Sejukan Jiwa

Tim penilain desa wisata saal melakukan kunjungan di desa Karuing sambil menyusuri sungai.

KASONGAN – Selain laut dan danau, Indonesia juga punya ratusan sungai besar dan ribuan sungai kecil yang melintasi berbagai wilayah. Tentunya sungai-sungai tersebut juga memiliki potensi yang dapat dikembangkan untuk pariwisata.

Berada di tengah hutan belantara, dekat pantai, tebing, atau persawahan membuat sungai-sungai di Tanah Air memiliki karakter masing-masing dengan keindahan yang berbeda satu sama lain. Jika selama ini pantai, laut, dan danau mungkin lebih sering dikunjungi untuk kegiatan wisata, tak ada salahnya untuk menyusuri sungai-sungai terindah yang ada di Indonesia untuk menambah pengalaman.

Ya, coba saja mengunjungi Desa Karuing yang merupakan desa yang berada di Kecamatan Kamipang Kabupaten Katingan. Desa ini memiliki potensi wisata alam yang luar biasa.

Selain menyimpan beragam keanakan hayati ternyata desa ini juga memiliki wisata susur sungai yang sangat mempesona dan membuat manja para wisatawan yang berkunjung.

Seperti yang dirasakan kepala Dinas Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata Katingan melalui Kasi Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Emelyn Novalisa beberapa waktu yang lalu saat melakukan penilaian terhadap desa Karuing sebagai calon desa wisata.

“Menyusuri sungai, menikmati keindahan alam Punggu Alas (bagian dari Taman Nasional Sebangau, jalur masuk wilayah Katingan) yang terletak di Desa Karuing,” ungkapnya.

Dia mengatakan kealamian alam dan keindahannya serta kesejukannya yang membuat para wisatawan merasa tenang mampu menyegarkan jiwa raga.

Ditempat ini jauh dari kebisingan kota, suara yang terdengar dan menggema adalah suara-suara alam yang seolah menyambut kita yang memasuki rumah mereka hewan-hewan yang ada dialam sekitar.

“Tidak ada gedung-gedung beton, sejauh mata memandang yang terlihat adalah pohon pohon rindang menjulang yang seolah berlomba melindungi kita dari sengatan matahari. Berada di tempat seperti ini memberikan rasa dan cerita yang berbeda dari keseharian dan rutinitas kita, membuat kita menyadari betapa hebat karya Sang Pencipta yang harus kita jaga dan lindungi,” jelasnya.

Desa Karuing adalah salah satu dari empat desa yang menjadi calon desa wisata yang akan dilakukan pendampingan dan penilaian Selain Desa Karuing ada Desa Jahanjang, Desa Talaga dan Desa Tumbang Samba.

Desa Karuing terdapat Taman Nasional Sebangau dan Punggu Alas, Desa Jahanjang dengan keindahan Danau Bulatnya, Desa Talaga dengan tempat sakral Alun-alun Tarantang dan Desa Tumbang Samba dengan Danau Mare dan cagar budaya.

(Kawit)