Inovasi dalam Pengembangan Pengelolaan Wisata Penting

Tim pendamping dan penilai desa wisata saat melakukan kunjungan kerja ke calon desa wisata.

KASONGAN – Setiap musim libur maupun akhir pekan biasa, objek wisata di Kabupaten Katingan ramai dikunjungi. Meskipun begitu Dinas Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata Katingan (Disporbupar) Kabupaten Katinga mengajak para pengelola wisata untuk miliki dan kembangkan ide baru.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Disporbupar Katingan Ramang, hal ini dilakukan untuk semakin meningkatkan kunjungan wisata di Kabupaten Katingan

“Memang kita sebagai salah satu tujuan wisatawan setiap libur, tapi kita juga perlu meningkatkan apa yang sudah ada. Tujuannya tak lain agar kunjungan wisatawan semakin meningkat,” ujarnya.

Dijelaskannya, di dalam dunia pariwisata tentunya hal baru sangat dituntut dan menjadi suatu hal yang wajib.

Pasalnya, jika daerah atau objek wisata tidak memiliki hal yang baru maka lambat laun wisatawan akan bosan dan bisa saja melupakan yang sudah ada.

“Pasti kalau enggak ada hal baru, wisatawan bosan. Karena kalau kita pergi ke tempat wisata, kita kan pengin ada hal baru yang bisa kita nikmati,” ucapnya.

Berdasarkan amatan beritasampit.co.id, memang beberapa pengelola objek wisata di Kabupaten Katingan sudah mulai mengerti dan melek akan kebutuhan wisatawan.

Meskipun begitu, tak menampik jika Palangka Raya dan Kotawaringin Timur sampai saat ini masih menjadi tujuan pasti wisatawan. Pasalnya, bagi wisatawan yang datang dari Kota tentunya datang dan pulang pasti melintasi.

(Kawit)