Katingan Juga Miliki Destinasi Wisata Air Hitam

Keindahan destinasi wisata air hitam di desa karuing

KASONGAN – Bukan hanya Kota Palangka raya memiliki destinasi Wisata Air Hitam. Dimana diketathui potensi wisata air hitam di kereng Bangkirai yang kerap dikunjungi tersebut sudah  masuk program pencanangan wisata air hitam dunia untuk Kalimantan.

Katingan merupakan salah satu kabupaten yang berdekatan dengan kota Palangka raya juga memiliki destinasi wisata air hitam, seperti danau bulat, danau hai atau panjang di Desa Jahanjang dan wisata susur sungai di desa Karuing Kecamatan Kamipang tidak kalah menarik dengan wisata lainnya.

Raya Sadianor salah satu pelaku wisata di Katingan mengaku melihat potensi di Katingan tidak kalah dengan daerah lainnya. Menurutnya pesona wisata sungai air hitam yang dimemiliki Katingan keunikan selain menyusuri sungai wisatawan juga bisa langsung melihat para orangutan, dan tumbuhan yang masih alami di hutan.

Dia menyakini potensi wisata sungai air hitam ini merupakan salah satu lokasi dari dua ekosistem air hitam yang ada di dunia, yaitu Brasil dan di Kalimantan Tengah.

“Saya merasa bangga bahwa selain Kota Palangka Raya kita Katingan juga memiliki keanekaragaman budaya dan pariwisata yang menawan untuk dikunjungi,” ungkap pengusah kopi itu.

Desa Karuing berada di bantaran sungai Katingan dengan luas sekitar 1,5 km2. Untuk menuju kesana, hanya bisa dengan menelusuri sungai.

Desa berpenduduk kurang lebih 700 jiwa ini memiliki pesona alam yang masih alami baik flora dan faunanya, serta air berwana hitam kemerah-merahan menjadikannya sangat unik.

Untuk membuat lebih dikenal, warga kemudian membuat nama ‘Wisata Punggu Alas’ dan rupanya ini berhasil. Meskipun justru wisatawan luar yang lebih tertarik ‘meng-eksplore Punggu Alas ini.

“Selain desa ini memang unik dan alami, karena akses utamanya adalah sungai menjadikan masyarakat di sini tidak bisa berbuat banyak selain melestarikan hutan dan budaya setempat,” tutur Raya.

Dengan keunikan serta kemauan masyarakat, akhirnya masyarakat gotong royong untuk menjadikan desa Karuing sebagai desa wisata, dengan membentuk Wisata Punggu Alas Desa Karuing di sini.

(Kawit)