BI Kalteng Adakan Pertemuan Tahunan, Ini yang Dibahas

Hardi/BERITA SAMPIT - Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah Pramudya Wicaksana saat memberikan sambutan

PALANGKA RAYA – Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah Pramudya Wicaksana menyampaikan, Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) merupakan puncak high level event (HLE) Bank Indonesia yang telah diselenggarakan secara rutin sejak tahun 1969. Hal ini disampaikannya saat memberikan sambutan pada pertemuan yang dilaksanakan di Swissbel Hotel Palangka Raya, Rabu 30 November 2022.

Ia juga menyebutkan, agenda utama PTBI adalah penyampaian pandangan Bank Indonesia mengenai kondisi perekonomian, tantangan yang dihadapi, dan arah kebijakan Bank Indonesia ke depan.

BACA JUGA:   Kalteng Mampu Turunkan Prevalensi Stunting 3,4 persen, Wagub: Pernikahan Dini Salah Satu Penyebab Anak Stunting

“Pandangan dan arahan tersebut kami harapkan dapat menjadi referensi yang kredibel bagi para pemangku kepentingan, khususnya pelaku industri, investor dan kalangan dunia usaha dalam menentukan berbagai kebijakan maupun keputusan bisnis ke depan,” ucapnya.

Dinamika perekonomian tahun 2022 terus menunjukkan perbaikan seiring semakin terkendalinya pandemic Covid-19 meskipun disertai berbagai tantangan. Dari sisi global, pertumbuhan ekonomi diprakirakan tumbuh lebih rendah dari prakiraan sebelumnya di tengah meningkatnya pengetatan kebijakan moneter dan konsolidasi fiskal seiring meningkatnya inflasi di atas prakiraan sebelumnya.

BACA JUGA:   Tidak Sampai Tiga Hari Jalan B. Koetin Kembali Rusak

“Kondisi ini diperparah dengan terus berlanjutnya ketegangan geopolitik global,” jelasnya.

Di sisi domestik, perbaikan ekonomi terus berlanjut seiring dengan sinergi yang kuat antara Pemerintah, Kementerian Keuangan, Bank Indonesia, OJK serta otoritas terkait, dalam menjaga stabilitas moneter dan sistem keuangan. Meski demikian, peningkatan risiko inflasi membayangi seiring penyesuaian harga Bahan Bakar Minyak (BBM) serta mulai menguatnya tekanan dari sisi permintaan. (Hardi)