Pengurus Masjid Kampus Shalahuddin UPR Gelar Pelatihan Peningkatan Keterampilan Fardhu Kifayah Pengurusan Jenazah

IST/BERITA SAMPIT - Suasana praktek pelaksanaan pengurusan Jenazah.

PALANGKA RAYA – Badan Pengurus Masjid Kampus Shalahuddin Universitas Palangka Raya mengadakan Pelatihan Peningkatan Keterampilan Fardhu Kifayah Pengurusan Jenazah Terhadap Pengurus Masjid Dan Pengelola RKM (Rukun Kematian Muslim) se-Kecamatan Jekan Raya. Kegiatan ini merupakan Hibah Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat dari DIPA LPPM Universitas Palangka Raya Tahun 2022.

Ketua Pelaksana Kegiatan Dr. Syamhudian Noor, S.H.I., M.Ag menjelaskan kegiatan ini bertujuan untuk mentansfer keahlian penyelenggaraan jenazah bagi petugas-petugas RKM se kota palangkaraya. ” ucapnya, Minggu 11 Desember 2022.

BACA JUGA:   Tidak Semua KKN di Biayai Kampus, Berikut Jenis KKN di IAIN Palangka Raya 2024

Sekitar 30 peserta yang mengikuti, kebanyakan ialah Pengurus Masjid, Pengelola RKM (Rukun Kematian Muslim), Kelompok pengajian darma wanita UPR, pihak KUA Jekan Raya, Lembaga Dakwah Kampus dan tamu undangan.

“Panitia penyelenggara mengedarkan buku panduan penyelenggaraan jenazah untuk ditelaah, divalidasi dan dinilai peserta, apakah buku panduan tersebut sudah layak ataukah masih perlu direvisi kembali ” tambahnya.

Pelatihan langsung dimentori oleh Hj. Mujibah, S.Ag dan Ustadz Syahrawandi selaku Penyuluh Agama Islam Kementrian Agama Kota Palangka Raya. Kementerian Agama mendukung atas terselenggaranya kegiatan ini. Sehingga berbagai wawasan mengenai pengurusan jenazah pun diikuti peserta dengan seksama.

BACA JUGA:   THM Diminta Patuhi Jam Operasional Ramadan demi Menjaga Ketenangan Masyarakat

“Pelaksanaan agar bisa rutin bergantian” ucap Ibu Mar’atus Sholihah selaku peserta.

Diharapakan dengan kegiatan ini, para peserta dapat pulang dengan membawa ilmu yang bermanfaat. Pengetahuan baru mereka dimaksudkan untuk bisa diapliaksikan langsung di masyarakat, bila nantinya panggilan bantuan untuk pengurusan jenazah datang.

(rahul)