DPRD Dorong Pemanfaatan Lahan dalam Wujudkan Ketahanan Pangan

BITRO/BERITASAMPIT —Anggota DPRD Kabupaten Katingan Rudi Hartono saat diwawancarai awak media.

KASONGAN  –  Anggota DPRD Kabupaten Katingan Rudi Hartono mendorong masyarakat untuk optimalisasi lahan pekarangan rumah dalam mewujudkan ketahanan pangan rumah tangga.

Dia mengatakan, pekarangan rumah biasanya identik dengan kenyamanan dan keindahan. Namun, jika dimanfaatkan dengan baik, pekarangan rumah memiliki peran yang lebih dari itu.

“Ketahanan pangan merupakan hal penting karena menyangkut keberlanjutan hidup manusia. Namun, untuk mencapai itu, perlu adanya upaya menciptakan ketersediaan pangan mulai dari tingkat keluarga dengan memanfaatkan lahan pekarangan,” kata Rudi Hartono.  Kamis 25 Januari 2023.

Dia menambahkan, komoditas-komoditas yang ditanam  sesuai dengan kebutuhan pangan dan gizi keluarga berbasis pangan lokal dan memiliki nilai ekonomis.

BACA JUGA:   Dewan Minta PPPK Tingkatkan Kinerja dari Mutu Pendidikan dan Kesehatan di Katingan

“Ketahanan pangan di tingkat keluarga bisa menjadi langkah antisipasi krisis pangan, sehingga diharapkan kegiatan ini bisa terus berkembang sehingga mewujudkan kemandirian pangan masyarakat,” tegasnya.

Inovasi kemandirian pangan keluarga ini sekaligus sebagai motivasi aparatur pemerintah daerah untuk memacu daerah dalam mewujudkan kedaulatan pangan.

Dirinya juga mendorong generasi muda untuk terjun ke dalam dunia pertanian. Karena menurutnya banyak lahan kosong yang bisa dikelola menjadi lahan pertanian. Hal ini harus dimanfaatkan generasi muda dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan, tentu juga tidak terlepas dari perhatian Pemerintah setempat melalui instansi terkaitnya.

BACA JUGA:   Dewan Harapkan Sikap Toleransi Antar Umat Beragama di Katingan Tetap Terjaga dengan Baik

“Akan lebih baik jika generasi muda diajak dan dibimbing untuk menjadi seorang petani milenial, dalam membangun sektor pertanian, generasi muda dapat memanfaatkan lahan untuk dijadikan kebun, dengan menanam berbagai sayuran dan buah-buahan,” tambah Rudi.

Politisi Golkar tersebut menjelaskan bahwa ketahanan pangan juga untuk mengantisipasi kelangkaan kebutuhan bahan pokok. Jika mampu dikelola dengan baik, maka akan menghasilkan kebutuhan pangan warga dan tidak tergantung dari daerah luar.

(Kawit)