Gateball, Perpaduan Olahraga Golf-Catur dan Biliar

Hardi/BERITA SAMPIT - Ketua Pengurus Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (Pergatsi) Kalteng Shalahuddin

PALANGKA RAYA – Ketua Pengurus Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (Pergatsi) Kalteng Shalahuddin menyampaikan, Pengurus Provinsi (Pengprov) Pergatsi Kalimantan Tengah sudah terbentuk pada tanggal 17 Mei 2021 berdasarkan surat keputusan PB Pergatsi nomor 007/Pergatsi/v-2021, dan merupakan Pengurus Provinsi Pergatsi yang ke-24 seluruh Indonesia.

“Kami segenap pengurus juga menyadari bahwa tugas tugas kedepan sudah banyak menanti baik terkait dalam pembentukan dan pelantikan pengkab/pengkot. Pergatsi di wilayah Kalimantan Tengah dimana berdasarkan peraturan dan ad-art PB Pergatsi, selambat-lambatnya satu tahun setelah pengukuhan, Pengprov Pergatsi Kalimantan Tengah wajib membentuk sekurang- kurangnya lima kepengurusan pergatsi tingkat kabupaten/kota yang ada di Provinsi Kalimantan Tengah,” ucapnya saat memberikan sambutan di acara pengukuhan Pengprov Pergatsi Kalimantan Tengah di Aula Jayang Tingang lantai II Kantor Gubernur Kalteng, Selasa 21 Februari 2023.

Ia menambahkan, pengprov Pergatsi Kalimantan Tengah sudah menyampaikan mandat untuk enam kabupaten/kota untuk membentuk kepengurusan yaitu kota Palangka Raya, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kabupaten Seruyan, Kabupaten Barito Selatan, dan Kabupaten Barito Timur.

BACA JUGA:   Pemprov Kalteng Gelar Peringatan Nuzulul Quran 1445 Hijriah

Ia menambahkan, Sampai saat ini sudah terbentuk kepengurusan pergatsi kabupaten/kota sebanyak dua daerah yaitu pengkot pergatsi Kota Palangka Raya dan pengkab pergatsi Barito Timur, serta mudah mudahan setelah dilaksanakan pengukuhan ini, kabupaten-kabupaten lainnya dapat segera membentuk kepengurusan pergatsi di daerah masing masing, sehingga dapat pula segera dilaksanakan pengukuhan dan pelantikan pengurus pergatsi kabupaten/kota.

Ia menjelaskan, selaku pengurus pergatsi terpilih, memiliki tugas dan tanggung jawab untuk melakukan pembinaan organisasi secara berkesinambungan, sekaligus mempersiapkan atlet-atlet gateball kalteng agar mampu menorehkan prestasi dalam setiap event- event nasional gateball, dan apabila memungkinkan untuk mengikuti event Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024.

BACA JUGA:   Nuryakin Berharap Pasar Murah akan Meningkatkan Daya Beli Masyarakat

“Hal tersebut hanya dapat diraih dengan keseriusan para pengurus menyiapkan para olahragawan gateball yang berkualitas,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, olahraga gateball merupakan olahraga yang tidak memandang batas usia, sehingga boleh dimainkan oleh berbagai kalangan, baik yang tua maupun muda, wanita dan pria, bahkan anak anak usia sekolah.

Gateball selain olahraga prestasi, juga termasuk kedalam olahraga rekreasi. Gateball merupakan permainan yang unik, karena dapat dikatakan perpaduan antara golf, catur dan biliar dimana setiap pemain harus fokus seperti bermain golf dan biliar, serta menerapkan strategi untuk mengalahkan lawan seperti bermain catur.

“Olahraga gateball merupakan permainan cepat tanpa adanya kontak fisik antar pemain, dimana memerlukan akurasi yang tinggi serta perencanaan dan penerapan strategi permainan yang sangat matang dan mumpuni,” pungkasnya. (Hardi)