Seluruh Desa di Kabupaten Kapuas Dapat Bantuan Bibit Pohon Gratis

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Kapuas Budi Kurniawan secara simbolis menyerahkan bibit pohon kepada perwakilan pemerintah desa di Kuala Kapuas, Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah, Selasa (21/3/2023). (ANTARA/All Ikhwan)

KUALA KAPUAS – Pemerintah Kabupaten Kapuas di Provinsi Kalimantan Tengah membagikan belasan ribu bibit pohon gratis ke semua desa di wilayahnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Kapuas Budi Kurniawan di Kuala Kapuas, Selasa 21 Maret 2023, mengatakan bahwa pembagian bibit pohon gratis dilakukan untuk memperingati Hari Jadi Kota Kuala Kapuas, Hari Ulang Tahun Kabupaten Kapuas, dan Hari Desa Asri Nusantara.

Budi menyampaikan bahwa sekitar 15 ribu bibit pohon yang terdiri atas bibit pohon ketapang kencana, petai, sirsak, tanjung, dan durian dibagikan kepada warga di seluruh desa di 17 wilayah kecamatan yang ada di Kabupaten Kapuas.

BACA JUGA:   Edy Pratowo Salurkan Beras Subsidi untuk Pasar Murah di Kabupaten Kapuas

Menurut dia, bibit pohon gratis juga dibagikan kepada warga dan peserta pawai budaya pada acara puncak perayaan Hari Jadi Kapuas dan Hari Ulang Tahun Kabupaten Kapuas pada Selasa (21/3).

“Bibit pohon yang kami bagikan secara gratis kepada seluruh desa dan masyarakat ini kita minta untuk ditanam di tempatnya masing-masing dalam rangka menjaga kelestarian lingkungan,” katanya.

“Ini sebagai bentuk komitmen kami untuk menjaga kelestarian lingkungan dan menjaga keberlangsungan lingkungan hidup, dan ini merupakan bagian program nasional, dan untuk Kapuas, kami bekerja sama dengan BP DAS Kahayan Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup,” ia menjelaskan.

BACA JUGA:   Edy Pratowo Salurkan Beras Subsidi untuk Pasar Murah di Kabupaten Kapuas

Menurut dia, pembagian bibit pohon gratis tersebut ditujukan untuk mendorong pemerintah desa melakukan upaya penghijauan di wilayah masing-masing.

“Kami berharap melalui program ini nanti desa bisa mandiri untuk melakukan program penghijauan atau reboisasi di desanya masing-masing,” katanya.

Ia menambahkan, penghijauan diperlukan untuk memulihkan kondisi lingkungan, menjaga keberlangsungan ekosistem, dan membuat lingkungan menjadi asri.

(ANTARA)