Satlantas Polresta Palangka Raya Gencarkan Patroli Cegah Aksi Balap Liar

Kasat Lantas Polresta Palangka Raya, Kalimantan Tengah Kompol Feriza Winanda Lubis melakukan Patroli Asmara Subuh di kawasan Bandara Tjilik Riwut, Kamis (23/3/2023). ANTARA/Humas Polresta Palangka Raya

PALANGKA RAYA – Satuan Lalu Lintas Polresta Palangka Raya, Kalimantan Tengah menggencarkan patroli asmara subuh di sejumlah jalan raya yang ada di kota setempat untuk menekan terjadinya aksi balapan liar.

Kasat Lantas Polresta Palangka Raya Kompol Feriza Winanda Lubis di Palangka Raya, Kamis 23 Maret 2023 mengatakan patroli asmara subuh tersebut tidak hanya Satlantas Polresta setempat saja melainkan juga dibantu Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Kalteng dengan mengecek sejumlah ruas jalan yang kerap dijadikan ajang balap liar.

“Kegiatan Patroli Asmara Subuh Satlantas Polresta Palangka Raya dengan sasaran untuk mencegah adanya aktivitas balapan liar yang menjadi salah satu faktor terganggunya kondisi keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran (kamseltibcar) lalu lintas,” katanya.

BACA JUGA:   THM Diminta Patuhi Jam Operasional Ramadan demi Menjaga Ketenangan Masyarakat

Ruas jalan yang seringkali dijadikan aksi balapan liar oleh sekelompok anak remaja baik masih di bawah umur tersebut, di kawasan Yos Sudarso, G Obos, Ahmad Yani, Diponegoro, Adonis Samad, RTA Milono, Ir Soekarno, Mahir Mahar lingkar dalam dan Tjilik Riwut.

Aksi balap liar yang sering dilakukan oleh para sekelompok remaja tersebut dimulai dari pukul 05.00 WIB, bahkan kalau Ramadhan seperti ini dilaksanakan pada saat jam-jam masyarakat melaksanakan sahur.

“Saat kami melaksanakan patroli asmara subuh menggunakan mobil patroli Satlantas Palangka Raya selalu menyalakan lampu rotator dan membunyikan sirine, sebagai tanda kehadiran polisi di tengah masyarakat dan mencegah aksi-aksi balap liar tersebut,” ucapnya.

Sembari melaksanakan patroli, para personel Satlantas pun juga menyempatkan diri untuk menyambangi sekelompok anak di sejumlah ruas jalan yang dilalui, guna menyampaikan imbauan untuk tidak melakukan balapan liar dan aktivitas yang mengganggu kamseltibcar lalu lintas lainnya.

BACA JUGA:   Ribuan Jamaah Padati Masjid Agung Kecubung Darurrahman Kota Palangka Raya

Berdasarkan pantauan di lapangan, pada hari pertama puasa di bulan Ramadhan 1444 Hijriah aksi balap liar dilakukan oleh sekelompok anak remaja dan pemuda di Jalan dr Murjani dan Ahmad Yani pada saat jam masyarakat melaksanakan sahur.

Malam itu juga mobil patroli dari Polsek Pahandut membubarkan aksi balap liar tersebut. Tidak ada remaja yang berhasil diamankan karena ketika mobil polisi datang puluhan remaja tersebut sudah melarikan diri meninggalkan jalan yang dijadikan arena balap liar tersebut.

(ANTARA)