7 Desa di Kapuas Tengah Terendam Banjir

IST/BERITA SAMPIT - Kapolsek Kapuas Tengah menerangkan kondisi banjir di Desa Pujon Kecamatan Kapuas, Kabupaten Kapuas.

KUALA KAPUAS – Hujan deras yang melanda wilayah Kecamatan Kapuas Tengah, Kabupaten Kapuas dan sekitarnya mengakibatkan 7 desa tergenang banjir, Rabu 29 Maret 2023 malam, yaitu Desa Kayu bulan, Desa Kota Baru, Desa Penda Muntei, Desa Tapen, Desa Pujon, Desa Marapit, Desa Bajuh.

Tak hanya merendam persawahan, pemukiman warga juga sudah tergenang. Apalagi kedalaman banjir di pemukiman warga mencapai 1,5 – 2 meter.

Kapolsek Kapuas Tengah Iptu Rahmad Tuah, S.H., M.M, menerangkan, data sementara terdapat 7 desa yang tergenang. “Kapolsek mengambil langkah cepat berkoordinasi dengan unsur Tripika agar segera melaporkan ke BNPB daerah untuk penanganan warga yang terdampak banjir yang terjadi di Wilkumnya,” tegas Kapolsek.

BACA JUGA:   Beredar Video Klarifikasi Massa yang Ada di Perkebunan Pelantaran Menegaskan Mereka Bukan Preman

Kapolsek menambahkan, ketinggian air yang masuk ke rumah warga antara 1,5 – 2 meter . Sementara, area persawahan kedalamannya mencapai antara 1,5-2,5 meter.

Sementara itu, masyarakat mengatakan, banjir disebabkan hujan deras, sudah menjadi langganan Banjir apabila curah hujan yang tinggi sehingga meluapnya aliran Das Kapuas serta menjadi langganan banjir yang selalu melanda bila terjadi hujan di daerah Kapuas hulu.

BACA JUGA:   Aksi Gendam Jelang Idulfitri Mulai Bergentayangan di Sampit

”Infonya sebagian sudah surut. Tapi ada yang malah naik, seperti di Desa Pujun , air sudah mulai masuk perkampungan. Teman-teman (BPBD Grobogan) sedang ke lokasi,” katanya.

Atas kejadian tersebut, BPBD meminta warga untuk tenang, namun waspada. Dia meminta agar warga berhati-hati dengan hoaks yang mungkin beredar terkait banjir kali ini.