Banjir Mulai Rendam Kota Muara Teweh, Dewan Imbau Tetap Waspada 

ISKANDAR/BERITA SAMPIT: Kondisi banjir di kota Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara. Jum'at 31 Maret 2023.

MUARA TEWEH – Tingginya intensitas curah hujan beberapa hari ini mengakibatkan ruas jalan di kota Muara Teweh dan sekitarnya serta sejumlah wilayah di Kabupaten Barito Utara, terendam banjir.

Berdasarkan pantauan Jumat 31 Maret 2023, nampak terlihat debit air di sungai Barito dari jembatan KH Hasan Basri semakin tinggi dan mulai meluap ke sejumlah ruas jalan dan sekitarnya.

Seperti terlihat di jalan Anggrek, Jalan Merak, seputaran Water Front City, jalan Tendean, Nasution, Sengaji Hulu, Perempatan Lampu Merah Terminal Lama dan Sengaji Hilir, Simpang Perwira, Simpang Merdeka 1, Merdeka 2, Jalan Pramuka Simpang LP dan Jalan Rongga Lawe.

Anggota DPRD Barut Surianor mengingatkan agar masyarakat yang bermukim di daerah dataran rendah, kiranya selalu berhati-hati saat musim banjir, terlebih yang mempunyai anak kecil dan tidak bisa berenang.

“Intensitas hujan saat ini di Kabupaten Barito Utara sangat tinggi, mengakibatkan anak sungai di DAS Barito meluap hingga banjir di beberapa titik ruas jalan di Muara Teweh seperti Jalan Merak, Jalan Panglima Batur, Jalan Imam Bonjol, Jalan Sumbawa, Jalan Pramuka dan beberapa titik lainnya yang memang merupakan dataran rendah,” ujarnya.

Ia mengimbau agar masyarakat tetap waspada terhadap banjir, diharapkan bagi yang tinggal di daerah dataran rendah selalu berhati-hati saat banjir terlebih yang mempunyai anak kecil yang tidak bisa berenang.

Terpisah, Irna salah satu pelajar di SMKN 1 Muara Teweh menuturkan adanya banjir cukup mengganggu aktivitas sekolahnya apalagi saat ia berangkat harus mengeluarkan uang tambahan untuk biaya menaiki perahu kecil dari rumahnya menuju sekolah.

“Adanya banjir ini pastinya terganggu, kami naik perahu setiap hari, bolak balik biayanya sepuluh ribu,” ungkap Irna. (isk)