ICMI Miliki 40 Orwil Sedunia dan Ratusan Orda Se-Indonesia

IST/BERITA SAMPIT - Foto pengurus ICMI Pusat dan Orwil Kalteng bersama peserta dalam kegiatan Ramadan Leadership Camp yang dilaksanakan oleh ICMI Orwil Kalimantan Tengah, bertempat di Aula Bappeda Litbang Provinsi Kalteng, Sabtu 1 April 2023.

PALANGKA RAYA – Wakil Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim Se-Indonesia (ICMI) Pusat, Priyo Budi Santoso mengungkapkan bahwa ICMI memiliki puluhan Orwil Sedunia dan ratusan Orda dan Orsat di seluruh Indonesia.

Hal tersebut disampaikan, Wakil Ketua ICMI Pusat itu dalam kegiatan Ramadan Leadership Camp yang dilaksanakan oleh ICMI Orwil Kalimantan Tengah, bertempat di Aula Bappeda Litbang Provinsi Kalteng, Sabtu, 1 April 2023.

“ICMI pernah menapaki perjalanan yang luar biasa, pada masa awal Prof. BJ Habibie selaku pemuda ICMI dan mengalami gelombang pasang surut yang luar biasa. Tetapi pada hari ini dengan bangga saya ingin mengungkapkan bahwa ICMI telah beranak pinak dan membentuk sebuah sistem yang besar dengan seefektif mungkin,” ungkapnya.

BACA JUGA:   Budpar Kalteng Gelar Sosialisasi Anugrah Kebudayaan Indonesia

Ia mengungkapkan bahwa saat ini ICMI dapat membentuk 40 Orwil (Organisasi Wilayah) se-Dunia yang terdiri dari 35 orwil dalam negeri dan 5 owil luar negeri.

“35 orwil tersebar di Seluruh Provinsi di Indonesia dan 5 orwil di luar negeri diantaranya Amerika, Rusia, Mesir yang besar, Australia dan beberapa bulan lalu baru terbentuk di Eropa Raya,” bebernya

Kemudian, Priyo melanjutkan bahwa saat ini ICMI juga memiliki 269 orda (Organisasi Daerah) dan 400-an Orsat (Organisasi Satuan) yang tersebar di seluruh Indonesia.

Lebih lanjut, Dia menjelaskan bahwa ICMI juga memiliki badan otonom yang terdiri dari diantaranya, MASIKA atau singkatan dari Majelis Sinergi Kalam merupakan salah satu badan Otonom yang berada dalam tubuh ICMI yang bergerak dalam bidang kaderisasi anggota ICMI. Kemudian, ada PINBUK atau Pusat Inkubasi Bisnis Usaha Kecil merupakan suatu wadah atau badan otonom dalam ICMI yang bergerak dalam bidang perekonomian masyarakat/ekonomi kerakyatan.

BACA JUGA:   Polresta Palangka Raya Berhasil Amankan 23 Barang Bukti dari Delapan Tersangka Curanmor

“Lalu, Asosiasi Muslimah Pengusaha Indonesia atau sering disingkat Alisa Khadijah merupakan sebuah organisasi pengusaha muslimah yang didirikan oleh Departemen Pengembangan Peranan Wanita (DPPW) Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Pusat dan Yayasan CIDES atau Center for Information and Development Studies merupakan lembaga studi dan penelitian yang secara otonom berada dalam ICMI,” pungkasnya. (Rahul).