Peserta PBK Harap Kegiatan Peningkatan Keterampilan Kembali Dilakukan

RAHUL/BERITA SAMPIT - Salah seorang peserta PBK Kejuruan Administrasi Perkantoran Fiki Apriliani saat ditemui awak media, di Aula Dinas Tenaga Kerja Kota Palangka Raya, Senin 10 April 2023.

PALANGKA RAYA – Sejumlah peserta Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) Program Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Tahap 1, menyebut kegiatan pelatihan seperti ini agar kembali diadakan di tahun selanjutnya. Karena dinilai sangat bermanfaat bagi masyarakat.

Hal tersebut disampaikan salah seorang peserta PBK dari kejuruan Administrasi Perkantoran, Fiki Apriliani saat ditemui awak media, di Aula Dinas Tenaga Kerja Kota Palangka Raya, Senin, 10 April 2023.

“Jadi dalam mengikuti kegiatan ini tentu Asyik dan menyenangkan karena selain mengembangkan skill, kita juga mendapatkan relasi dan pengalaman-pengalaman dari orang lain,” ungkapnya.

Fiki juga mengatakan, di BPK banyak belajar dari pengalaman sesama peserta yang sudah bekerja dan memiliki usaha sendiri.

BACA JUGA:   Orang Tua Bayi Korban Dugaan Malapraktik RSUD Doris Sylvanus Minta Anaknya Dapat Keadilan

“Jadi kita belajar kalau misalkan nanti mencari kerja karena disini banyak yang sudah kerja, sudah punya usaha sendiri dan ada juga yang masih menganggur,” sebutnya.

Fiki mengatakan, di PBK tidak hanya pengetahuan yang diajarkan tetapi juga dari pengalaman orang lain juga dipelajari. Secara garis besar yang dipelajari di PBK terkait softskill, dan cara berkomunikasi dengan orang lain.

“Untuk dasar-dasarnya juga kita diberikan modul, didalam modul itu sudah ada kompeten-kompetennya,” katanya.

Fiki mengungkapkan, setelah mengikuti kegiatan ini, ia sudah memiliki gambaran terkait apa yang harus dilakukan ke depan.

BACA JUGA:   Masyarakat Diminta Jaga Kebersihan Lingkungan Cegah Penularan DBD

“Kalau untuk sementara kami masih bergabung didalam grup WhatsApp, jadi nanti disitu akan diberikan informasi terkait lowongan pekerjaan dan lain sebagainya,” imbuhnya.

Fiki berharap Dinas Ketenagakerjaan Kota Palangka Raya kedepannya tetap ada program selanjutnya, karena ini masih tahap 1, sehingga nanti akan ada tahap selanjutnya dan semoga tahun depan bisa ada lagi.

“Jadi kita disini mendapatkan fasilitas seperti seragam, tas, alat tulis dan yang jelas kita mendapatkan ilmunya itu yang penting. Jadi kami mulai pelatihan dari tanggal 20 Februari sampai dengan 10 April, dari hari Senin sampai dengan Jum’at hari pelatihan,” pungkasnya. (Rahul).