Antisipasi Potensi Masalah Mudik, Gubernur Kalteng Kerahkan SOPD

IST/BERITA SAMPIT - Gubernur Kalteng Sugianto Sabran

PALANGKA RAYA – Mengantisipasi potensi masalah yang tidak diinginkan, selama masa mudik berlangsung. Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran mengarahkan sejumlah Struktur Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) terkait pelayanan masyarakat untuk meningkatkan pelayanan, baik pemantauan, pelaksanaan, penanganan, pengerjaan, dan di areal publik.

“Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah telah melakukan kesiap siagaan dalam membantu melayani masyarakat, terutama menghadapi arus mudik dan balik lebaran tahun ini. Tentu semua Kabupten/kota aparatnya juga siap siaga, termasuk Provinsi Kalteng, dimana mulai Dishub Provinsi, sampai PUPR kami arahkan untuk membantu mengamankan jalan dan situasi,” ucapnya melalui rilis yang diterima pada Selasa 18 April 2023.

Sugianto Sabran juga mengimbau, kepada masyarakat yang ingin berpergian mudik agar mempersiapakan diri dengan baik, serta selalu berhati-hati dan waspada. Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, telah berkolaborasi bersama stakeholder terkait, untuk memastikan masyarakat dapat mudik dengan aman.

Dirinya juga sudah mengarahkan PUPR Provinsi, untuk membantu di daerah, membantu aparat kepolisian, TNI, Dishub dan lainya dalam melayani masyarakat, untuk membuat posko kesiap siagaan dalam hal antisipasi potensi gangguan jalur jalan.

“Kami melakukan sejumlah persiapan guna memastikan agar masyarakat Kalimantan Tengah bisa mudik dengan selamat, aman, nyaman dan bahagia. PUPR Provinsi juga sudah membuat Posko-posko pelayanan, dan instansi Provinsi lainya dalam menunjang kenyamanan arus mudik-balik,” jelasnya.

BACA JUGA:   Pejabat Daerah Kalteng Hadiri Rapat Koordinasi bersama Mendagri

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Kalimantan Tengah Shalahuddin menjelaskan, sudah mendirikan sebanyak 23 posko arus mudik-balik lebaran Idulfitri di seluruh wilayah Bumi Tambun Bungai, dengan membagi beberapa zona wilayah.

“Iya, Intruksi bapak gubernur dalam menghadapi mudik dan arus balik lebaran ini, Pemprov Kalteng meningkatkan pelayanan untuk masyarakat. Salah satunya, Dinas PUPR sudah menyiapkan posko untuk mengamankan perjalanan masyarakat baik angkutan orang dan barang serta sembako,” ujarnya.

Ia menjelaskan, satuan tugas (satgas) Posko Lebaran Idulfitri 1444 Hijriah dari Dinas PUPR Provinsi Kalimantan Tengah akan bertugas untuk mengidentifikasi dan memantau kerusakan jalan dan jembatan di ruas jalan provinsi yang akan berpotensi menghambat kelancaran lalu lintas pada saat libur lebaran.

Kemudian, melakukan perbaikan pada titik-titik jalan yang mengalami kerusakan berat agar jalan tetap fungsional sepanjang tahun. Termasuk menyiapkan dan mensiagakan alat berat, apabila diperlukan hal yang mendesak.

‘’Semua posko juga menyiapkan alat berat untuk mengantisipasi terjadinya kerusakan jalan dan jembatan, banjir, tanah longsor, dan akibat cuaca ekstrem lainnya. Kami juga melakukan koordinasi dengan pihak balai dalam upaya pemantauan, kesiapsigaan hingga penanganan di lapangan,” lugasnya.

Shalahuddin juga menyebutkan, seluruh wilayah jalur jalan terutama jalan provinsi menjadi perhatian mulai dari kondisi hingga kerawananya. Ada sejumlah wilayah yang menjadi potensi kerawanan karena aktifitas tinggi, yakni ruas jalan Pangkalan Bun – Kotawaringin Lama – Riam Durian, ruas jalan Riam Durian – Sukamara, ruas jalan Sp Kenawan – Riam Durian, ruas jalan Sukamara – Lunci Jelai, ruas jalan Pelantaran – Parenggean – Tumbang Sangai.

BACA JUGA:   Pemkesra Buka Pasar Murah di Kabupaten Gunung Mas

Selanjutnya, ruas jalan Tb Sangai – Tb Kalang, ruas jalan Sp bangkai – T Pulang – K Pembuang, ruas jalan Sampit – Samuda – Ujung Pandaran, ruas jalan Ujung Pandaran – K Pembuang, ruas jalan Sp Pundu – Tb Samba, ruas jalan Pulang Pisau – Pangkoh – Bahaur, ruas jalan G Obos dan sekitaran Kota Palangka Raya.

Kemudian, ruas jalan Dadahup/G1 – Lamunti, ruas jalan Bukit Liti – Bawan, ruas jalan Bawan – Kuala Kurun, ruas jalan K Kurun – Linau – Tb Jutuh, ruas jalan Lingkar Kota Muara Teweh, ruas jalan Telang Siong – Bangkuang, ruas jalan Sp Patas – Tabak Kanilan – Rikut Jawu, serta ruas jalan Sudirman dan Jalan Yos Sudarso Puruk.

“Semoga arus mudik-balik lebaran tetap berjalan aman, lancar dan tidak ada kendala,” pungkasnya. (Hardi)