Kapuas Terancam Gagal Ikut Porprov, Ini Penjelasan Disbudpora

IST/BERITA SAMPIT – Dokumentasi kontingen dari berbagai kabupaten mengikuti Pekan Olahraga Pelajar Provinsi (POPPROV) Kalimantan Tengah Pada Tahun 2022.

KUALA KAPUAS – Kabupaten Kapuas terancam gagal mengikuti Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XII Kalimantan Tengah yang akan digelar di Sampit, Kabupaten Kota Waringin Timur (Kotim).

Ketua KONI Kabupaten Kapuas, Saferiniansyah menyampaikan Kapuas terancam absen di (Porprov) XII Kalimantan Tengah karena tidak kunjung dikucurkannya dana hibah untuk pembinaan melalui pengurus cabang olahraga dan persiapan cabang olahraga untuk mengikuti Porprov.

“Hal yang pasti kita terancam absen dari ajang ini, karena tidak bisa mengirimkan atlet-atlet kita,” katanya.

Saferiniansyah menegaskan sampai saat ini dana sebesar Rp1,5 miliar yang seharusnya sudah diterima oleh pengurus cabang olahraga dan Rp500 juta untuk operasional KONI serta Rp1,5 miliar untuk keperluan Porprov, belum ada satu pun yang dikucurkan.

Kondisi ini membuat seluruh tim, baik official serta atlet yang dipersiapkan guna mengikuti kegiatan tersebut, tidak bisa berbuat apa-apa.

BACA JUGA:   Edy Pratowo Salurkan Beras Subsidi untuk Pasar Murah di Kabupaten Kapuas

Dikatakannya, pihaknya sudah beberapa kali melakukan koordinasi dengan Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) kabupaten setempat, untuk mempertanyakan perihal tersebut, sekaligus syarat dan petunjuk teknis bagaimana agar dana tersebut dapat dicairkan.

Begitu juga dari seluruh pengurus cabang olahraga, lanjutnya, sudah memenuhi persyaratan administrasi yang diminta oleh Disbudpora Kapuas.

Bahkan dari hasil rapat bersama yang dilaksanakan pada 4 April 2023, Disbudpora Kapuas sudah menyatakan dana akan dicairkan 11 April 2023. Namun dana tersebut tidak kunjung diterima, baik oleh pengurus cabang olahraga maupun KONI.

“Kalau dana ini tidak juga keluar atau diserahkan dalam minggu ini, walaupun kita sudah berusaha namun kalau dana yang kita perlukan guna keperluan Porprov ini tidak ada, kita mau berbuat apa,” pungkasnya.

BACA JUGA:   Edy Pratowo Salurkan Beras Subsidi untuk Pasar Murah di Kabupaten Kapuas

Menanggapi hal tersebut, Kepala Disbudpora Kabupaten Kapuas, Agusthe, mengatakan untuk dana hibah yang telah dialokasikan kepada KONI Kapuas dan jajaran cabang olahraga sudah berproses.

“Saat ini tinggal menunggu pencairannya yang akan langsung cair ke rekening masing-masing sesuai aturan yang berlaku,” ungkapnya

Dana hibah yang telah dialokasikan untuk mengikuti Porprov XII tahun 2023 di Sampit masih menunggu petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis dari KONI Provinsi Kalteng dan petunjuk dari Pemprov Kalteng, sehubungan waktu pelaksanaan Porprov masih menunggu keputusan Gubernur.

“Harapan kami kepada KONI serta jajaran Cabor agar bersabar dulu sambil menunggu informasi dari pihak KONI Provinsi dan Pemprov Kalimantan Tengah,” demikian Agusthe.

(Hasan)