Dinas Pariwisata Kalteng Terus Berbenah dan Melakukan Berbagai Program Pengembangan Pariwisata

Hardi/BERITA SAMPIT - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah Adiah Chandra Sari

PALANGKA RAYA – Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah Adiah Chandra Sari menyampaikan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah sebagai perangkat daerah yang diberi kewenangan dalam melaksanakan urusan pemerintahan di bidang kebudayaan dan pariwisata, saat ini terus berbenah dan melakukan berbagai program dan kegiatan, yang dapat mengakselerasi pembangunan kebudayaan dan pengembangan pariwisata di Kalimantan Tengah.

Hal ini disampaikannya saat memberikan sambutan di acara Rapat Koordinasi Teknis, Perencanaan Pembangunan, bidang Kebudayaan dan Pariwisata, Provinsi Kalimantan Tengah Tahun Anggaran 2023, di Hotel Aquarius Palangka Raya, Rabu 3 Mei 2023.

Terkait hal itu ia menjelaskan rapat yang dilaksanakan hari ini, merupakan salah satu pengejahwantahan dari tugas dan fungsi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah, dalam memajukan sektor kebudayaan dan pariwisata di Kalimantan Tengah.

“Rapat Koordinasi Teknis ini, merupakan kegiatan perdana atau baru pertama kali dilaksanakan pada tahun anggaran 2023 ini. Kegiatan ini diharapkan dapat menunjang proses perencanaan dan pelaksanaan kegiatan yang akan dilaksanakan, serta dapat menjadi faktor pendukung bagi program dan kegiatan-kegiatan lain, yang diadakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah dan program-progrm OPD yang membidangi kebudayaan dan pariwisata Kabupaten/Kota se-Kalimantan Tengah,” ucapnya.

BACA JUGA:   Shrimp Estate Sumber Kekuatan Ekonomi di Pesisir Kalteng

Ia juga menyebutkan, secara umum tujuan pelaksanaan Rapat Koordinasi Teknis ini adalah untuk memperkuat koordinasi dan sinergitas Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalimantan Tengah, dengan Pemerintah Kabupaten/Kota, melalui perangkat daerah yang membidangi Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten/Kota se-Kalimantan Tengah.

Untuk secara khusus pelaksanaan Rapat Koordinasi Teknis ini bertujuan penyelerasan program dan kegiatan bidang Kebudayaan dan Pariwisata, yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten/Kota se Kalimatan Tengah, dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah.

Selanjutnya melakukan analisa dan evaluasi progres pelaksanaan kegiatan; yang telah dan akan dilaksanakan. Menyamakan persepsi tentang indikator bidang kebudayaan dan pariwisata. Pengisian indikator urusan Kabupaten/Kota bidang kebudayaan dan pariwisata.

BACA JUGA:   Kepala Dinas Perkebunan Kalteng Dilantik, Sekda: Tunjukan Kemampuan

Selain itu, tagging sub kegiatan kabupaten/kota tahun 2023 pada aplikasi SIPD. Penguatan komitmen bersama, dalam pengembangan kebudayaan dan pariwisata di Kalimantan Tengah. Sebagai sarana untuk berbagi dan bertukar pengetahuan dan pengalaman, antar kabupaten/kota dalam pengelolaan dan pengembangan budaya dan pariwisata. Terakhir. Pengendalian dan konsolidasi Rencana Kerja Tindak Lanjut program dan kegiatan di masing-masing Kabupaten/Kota.

Selain itu, peserta yang diundang pada Rapat Koordinasi Teknis ini terdiri dari, kepala Dinas/Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten/Kota se Kalimantan Tengah, Pejabat Eselon 3 dan 4 serta pejabat Fungsional, di lingkup Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah.

Selain itu pejabat yang membidangi urusan Perencanaan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten/Kota se Kalimantan Tengah. Pejabat yang membidangi urusan Kebudayaan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten/Kota se Kalimantan Tengah. Terakhir pejabat yang membidangi urusan Pariwisata, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten/Kota se Kalimantan Tengah, dan dengan jumlah Peserta sekitar 70 orang. (Hardi)