Bimbingan Manasik Haji, Kemenag Kalteng Lakukan Persiapan Khusus untuk Jemaah Lansia

IST/BERITA SAMPIT - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama H Noor Fahmi saat membuka Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kabupaten Barito Timur (Bartim)

TAMIANG LAYANG – Kementerian Agama RI mengangkat tema “Haji Ramah Lansia” pada musim haji 1444/2023. Pasalnya 30 persen dari total jamaah haji adalah jamaah berusia lanjut atu lanjut usia (lansia).

“Banyaknya jumlah jamaah haji lansia tahun ini menjadi perhatian khusus semua pihak khususnya Kementerian Agama,” kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama H Noor Fahmi saat membuka Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kabupaten Barito Timur (Bartim), Senin 8 Mei 2023.

Noor Fahmi menjelaskan, salah satu persiapannya dengan menambahkan struktur khusus dalam panitia haji serta memberikan pelatihan bagi petugas untuk melayani jemaah haji lansia. Apalagi menurutnya tahun ini tidak ada lagi pendamping bagi jemaah lansia dan penggabungan mahram.

BACA JUGA:   Masyarakat Terdampak Banjir Harus Waspada Penyakit Tertentu

“Di setiap kantor daerah kerja (Daker) akan ada Bidang Pelayanan Lansia dan Disabilitas ditambah 10 petugas haji ramah lansia di setiap sektor wilayah,” jelasnya.

Kemudian Kementerian Agama juga menyiapkan buku panduan manasik haji dan umrah khusus bagi jemaah haji lansia, baik di Kantor Kemenag Kabupaten/Kota maupun Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan.

“Saya mengimbau pembimbing haji agar menjelaskan beragam kemudahan bagi jemaah lansia dalam beribadah haji. Jelaskan mana yang wajib dan mana yang bisa diwakilkan,” lugasnya.

Selain itu, ia minta stakeholder yang terlibat terus menjalin komunikasi, serta memberikan edukasi kepada jemaah.

“Ini penting agar jemaah mempunyai pemahaman yang benar serta tidak terpengaruh dengan hoax yang beredar,” ungkapnya.

BACA JUGA:   Pertarungan Sengit Jika Lima Elit Politik Ini Maju di Pilgub Kalteng

Harapannya, pelayanan bagi jemaah haji lansia bisa dimaksimalkan untuk mewujudkan tema haji tahun ini yakni Haji Ramah Lansia. Ia juga berpesan agar jamaah terus mempersiapkan diri baik ilmu dan fisik.

“Ilmu bisa didapat dari bimbingan manasik haji, sedengakn fisik disiapkan dengan menjaga pola makan, olah raga, dan istirahat yang cukup,” ungkapnya.

Sementara Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Barito Timur Ahmadi menyampaikan, seluruh jemaah haji Barito Timur telah melunasi Bipih per 04 Mei 2023.

“Dari 144 calon jamaah haji berhak lunas, semuanya sudah melakukan pelunasan biaya haji dan mengkonfrimasi siap untuk berangkat,” tandasnya. (Hardi)