Pertarungan Sengit Jika Lima Elit Politik Ini Maju di Pilgub Kalteng

IST/BERITASAMPIT - Kandidat kuat calon Gubernur Kalteng H Agustiar Sabran, H Supian Hadi, dan H Abdul Razak (atas-kiri-kanan), Nadalsyah alias Koyem dan M Syauqi (bawah-kiri-kanan).

PALANGKA RAYA – Sejumlah nama mulai digadang -gadang bakal membuat pertarungan sengit di pemilihan Gubernur Kalteng jika nama beberapa figur ini yang akan berpasangan dan bertarung.

Bahkan ada lima nama elit politik yang punya peluang besar dan layak menjadi calon Gubernur Kalteng, diantaranya H Abdul Razak, H Supian Hadi, H Agustiar Sabran, H Nadalsyah dan M Syauqi.

Politisi Partai Golkar atau mantan Bupati Kotawaringin Barat H Abdul Razak bisa dipastikan akan maju di Pilgub Kalteng apalagi kini sudah dapat restu dari Ketua DPD Golkar Kalteng H Ruslan AS.

Selain itu juga ada nama Nadalsyah atau akrab disapa Koyem yang kini menduduki jabatan sebagai Ketua DPD Demokrat Kalteng, serta mantan Bupati Barito Utara dua periode dan kini terpilih sebagai anggota DPR RI.

Politisi PDI Perjuangan H Supian Hadi, yang juga merupakan mantan Bupati Kotawaringin Timur dua periode.

Politisi PDI Perjuangan H Agustiar Sabran, yang juga merupakan anggota DPR RI, Ketua DAD Kalteng yang tak lain kakak kandung Gubernur Kalteng Sugianto Sabran.

BACA JUGA:   Dishub Kalteng Berkerja Sama dengan BPTB Kelas II Selenggarakan Mudik Gratis

Politisi PAN Kalteng atau anggota DPR RI terpilih M Syauqi yang juga merupakan menantu dari mantan Wakil Gubernur Kalteng H Achmad Diran.

Nama lain dari PDI Perjuangan yakni Willy M Yosef dan Perdie Yosef, mantan Bupati Murung Raya dua periode.

Andina Teras Narang, putri mantan Gubernur Kalteng Teras Narang yang kini terpilih sebagai anggota DPR RI dari partai Nasdem.

Selain itu ada nama H Edy Pratowo yang kini menjabat sebagai wakil gubernur Kalimantan Tengah dan juga sebelumnya menjabat sebagai Bupati Pulang Pisau.

Politisi senior di Kotawaringin Timur H Supriadi menyebut setidaknya ada beberapa nama yang saat ini bisa dikatakan kuat dan layak untuk bertarung di Pilgub Kalteng.

“Ini akan jadi pertarungan orang-orang kuat,” katanya, Selasa 19 Maret 2024.

Menurut Supriadi prediksi sementara yang memungkinkan untuk berpasangan yakni H Nadalsyah-H Supian Hadi, H Abdul Razak-Perdi Yosef dan H Agustiar Sabran-H Edy Pratowo.

BACA JUGA:   IPMK Palangka Raya Menggelar Buka Bersama dan Tausiah Agama

“Sekarang tinggal bagaimana mereka untuk mengejar rekomendasi Parpol,” tegasnya.

Sementara itu Koordinator Litbang Berita Sampit, Hendiranur menyebut dari hasil penelitian dan survei mereka saat ini, jika diurut dari posisi teratas hanya ada lima nama yang sepertinya berpeluang besar untuk maju menjadi calon Gubernur Kalimantan Tengah.

Diantaranya Abdul Razak, Supian Hadi, Agustiar Sabran, Nadalsyah dan M Syauqi. Sementara nama lain lebih dominan di posisi calon wakil gubernur.

Seperti nama Perdi Yosef, Andina Teras Narang, Edy Pratowo, Willy M Yosef lebih kuat pada posisi calon Wakil Gubernur Kalteng.

“Jika lima nama yang kami sebutkan itu maju sebagai Calon Gubernur apalagi berpasangan diantara nama itu, kami yakin akan jadi pasangan yang kuat, atau mengambil nama lain untuk calon wakilnya seperti Perdie, Andina, Syauqi, Willy atau Edi Pratowo,” tegasnya.

Apalagi kata dia ada kolaborasi antara calon dari wilayah utara dan selatan yang bisa kompak untuk berpasangan nantinya.

(Naco)