DPKP Kobar Sosialisasikan Gerakan Sadar Pangan B2SA Kepada Masyarakat

IST/BERITA SAMPIT - Nara sumber, ahli gizi dari Puskesmas Mendawai saat menyampaikan arahan tentang pentingnya Gizi.

PANGKALAN BUN – Dalam rangka mewujudkan penganekaragaman konsumsi pangan di masyarakat Dinas Perikanan Dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kotawaringin Barat (Kobar) telah melaksanakan Sosialisasi Sadar Pangan,   Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA),kepada masyarakat, Selasa 16 Mei 2023.

Kegiatan sosialisasi digelar di Kecamatan Pangkalan Lada Kabupaten Kobar, Kepala DPKP Kobar melalui Kabid Konsumsi dan Keamanan Pangan John Heriono menyampaikan, pentingnya masyarakat menerapkan beragam, bergizi dan seimbang dalam pola konsumsi masyarakat sehari-hari.

“Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) karena merupakan salah satu promosi agar masyarakat dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari dalam menu makannya. Sehingga dapat memenuhi kebutuhan gizinya dengan memanfaatkan pangan sumberdaya lokal,“ kata John Heriono.

BACA JUGA:   Sampaikan LKPJ TA 2023, Pj Bupati Ungkapkan Pertumbuhan Ekonomi di Kotawaringin Barat Semakin Meningkat

Hal tersebut, lanjut Jhon Heriono sesuai amanat UU 18 Tahun 2012 tentang Pangan Pasal 60 bahwa Pemerintah dan Pemda berkewajiban mewujudkan penganekaragaman konsumsi pangan dengan membudayakan pola konsumsi pangan yang B2SA.

“Juga dikarenakan kualitas SDM ditentukan oleh beberapa aspek yang 70 persennya berasal dari masyarakat konsumsi. Hanya 30 persen saja yang berasal dari aspek genetic. Jadi jika yang dikonsumsi masyarakat jauh dari gizi seimbang maka SDM yang dihasilkan tidak akan mampu berdaya saing. Sehingga beban pembangunan semakin besar dan berdampak pada pertumbuhan ekonomi nasional,” ujar  John Heriono.

BACA JUGA:   Antisipasi Praktik Curang, Satreskrim Polres Kobar Cek Tiga SPBU

DPKB Kobar berharap, melalui kegiatan sosialisasi ini diharapkan mampu membekali peserta yang hadir untuk memahami akan pentingnya menerapkan pola konsumsi pangan beragam bergizi seimbang dan aman agar bisa meningkatkan kualitas SDM yang sehat dan produktif.

Kegiatan  sosialisasi yang dipokuskan di Kecamatan Pangkalan Ladan,   juga dihadiri peserta dari unsur PKK dan Kelompok Wanita Tani (KWT) dan PKK  dari Kecamatan Pangkalan Banteng dan Kecamatan Arut Utara. (Man)