Waspada Penyakit Diare Terhadap Anak di Katingan

BITRO/BERITA SAMPIT - Kepala Bidang Pelayanan Medic (Kabid Yandic) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mas Amsyar Kasongan, Novitawatie.

KASONGAN – Di situasi pancaroba saat ini berbagai kasus penyakit perlu kita waspadai, utamanya kasus penyakit diare terhadap anak-anak. Karena untuk saat ini kasus diare di Kabupaten Katingan meningkat.

Kepala Bidang Pelayanan Medic (Kabid Yandic) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mas Amsyar Kasongan, Novitawatie mengatakan terbukti dengan kian meningkatnya pasien diare yang berobat dan rawat inap di RSUD Mas Amsyar Kosongan dalam beberapa bulan ini, yakni sejak Januari hingga mei 2023 ini.

“Mereka ada yang langsung masuk di IGD dan sebagian dari Puskesmas dirujuk ke IGD,”ungkap Novitawatie kepada awak media Selasa 30 Mei 2023.

BACA JUGA:   Jelang Arus Mudik, Polisi Berikan Bantuan Alat Keselamatan untuk Ferry Penyeberangan

Kendati meningkat, namun karena RSUD Mas Amsyar saat ini sudah memiliki tiga orang dokter Spesialis anak, sehingga bisa ditangani sendiri.

“Syukur, pasien diare yang kami tangani dapat sembuh semuanya,” akunya, seraya menyebutkan jumlah pasien diare sekitar dua hingga tiga orang yang masuk di RSUD Mas Amsyar setiap harinya.

Terkait dengan meningkatnya kasus diare ini, dirinya mengingatkan kepada para orang tua untuk menjaga putra-putrinya agar tidak jajan sembarangan. Kalau perlu ketika turun ke sekolah putra-putrinya dikasih jajanan dan minuman dari rumah. Sehingga, mereka tidak jajan di sembarang tempat.

BACA JUGA:   Penyuluh Agama dan Anggota Asosiasi Keagamaan Diharapkan Mampu Jalankan Tugas

”Cara seperti ini untuk menghindari terserangnya penyakit dimaksud,” sarannya.

Menjawab pertanyaan media, khusus untuk pasien yang rawat inap dari berbagai jenis penyakit baik untuk anak-anak maupun dewasa, RSUD Mas Amsyar telah menyediakan sekitar 115 kamar atau ruangan pasien rawat inap. (Bitro)