Pengamat Politik Ini Memprediksi 50 Persen Anggota DPRD Kotim Diisi Wajah Baru

ILHAM/BERITA SAMPIT - Pengamat Politik Kotim Muhammad Shaleh.

SAMPIT – Melihat dari komposisi persaingan bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) dari masing-masing Partai Politik (Parpol) di Kabupaten Kotawaringin Timur, diperkirakan Pemilihan Legislatif (Pileg) tahun 2024 mendatang akan berlangsung sengit, dan dimungkinkan 50 persen anggota DPRD akan diisi oleh wajah baru.

“Melihat peta politik untuk 2024 ya di masing-masing Dapil itu pasti sudah sangat seru dan sangat kompetitif persaingannya. Berdasarkan pengalaman saya, dari sekian yang maju itu paling bertahan maksimal 50% bagi icumbent, separuhnya itu wajah baru,” kata salah seorang Pengamat Politik Kotim Muhammad Shaleh, Minggu 4 Juni 2023.

BACA JUGA:   Tidak Hanya Dari Elit Politik, PKS Sebut Sejumlah Nama Birokrat Berpeluang Maju di Pilkada Kotim

Mantan Anggota DPRD Kotim ini juga melihat, bahwa sebaran para Bacaleg yang maju mulai dari Dapil 1 sampai dengan Dapil 5, mereka sudah mempunyai pengalaman dan strategi untuk mampu berkompetisi bagi yang baru, maupun mempertahankan diri bagi incumbent guna meraih suara di masyarakat.

“Sehingga sangat wajar banyak nanti yang muka-muka baru, petarung petarung baru yang akan muncul di masing-masing Dapil itu,” ujarnya.

Berkaitan dengan sejumlah incumbent yang lompat pindah partai, menurut Shaleh merupakan hal yang wajar dalam demokrasi politik.

BACA JUGA:   Dishub Kotim: Traffic Light Bermasalah di Kota Sampit Akan Diperbaiki Tahun Ini

“Teman-teman yang nyeberang ke parpol baru dalam dunia demokrasi bukan suatu hal yang tabu. Terlepas dari faktor apa, kenapa mereka pindah yaitu hal yang lumrah mereka masing-masing ingin mencari mengamankan diri,” jelasnya

“Namun pandangan saya tidak akan jauh, paling maksimal mereka yang muka-muka baru itu akan muncul dari masing-masing Dapil itu dua atau tiga orang, jika melihat komposisi Caleg baru maupun Caleg lama yang bertarung di Pemilu akan datang,” pungkasnya. (ilm).