Rektor UPR Harap Mahasiswa KKN Mampu Berikan Manfaat yang Besar Bagi Pembangunan Desa

RAHUL/BERITASAMPIT - Rektor UPR, Prof. Dr. Ir. Salampak Dohong, MS saat menyampaikan sambutan sekaligus membuka kegiatan pembekalan KKN Reguler Periode I Tahun 2023, yang dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting, Senin, 12 Juni 2023.

PALANGKA RAYA – Rektor Universitas Palangka Raya (UPR), Prof. Dr. Ir. Salampak Dohong, MS secara resmi membuka kegiatan pembekalan KKN Reguler Periode I Tahun 2023, yang dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting, Senin, 12 Juni 2023.

Kegiatan pembukaan pembekalan ini diikuti dan dihadiri 1999 mahasiswa dan mahasiswi UPR sebagai calon peserta KKN Reguler Periode I tahun 2023.

Dalam sambutannya, Rektor UPR, Prof. Salampak menyampaikan bahwa KKN Reguler ini diharapkan mampu memberikan kebermanfaatan bagi mahasiswa dan masyarakat desa ke depan.

“Dalam rangka KKN ini tentu untuk membangun desa dan kota mengharapkan mahasiswa diberikan pengetahuan berkenaan dengan ketahanan pangan,” ujarnya

Guru Besar Fakultas Pertanian UPR ini juga mengatakan bahwa hal tersebut karena UPR mendukung program food estate yang dilakukan oleh pemerintah.

BACA JUGA:   BEM UPR Dukung Kejari Palangka Raya Usut Tuntas Dugaan Korupsi di Pascasarjana

“Karena bagaimanapun mahasiswa nantinya akan bersama membangun desa dan menyiapkan calon-calon generasi masa depan yang lebih baik dengan berkomitmen mendukung penurunan prevelensi stunting,” jelassnya

Selain itu juga, kata Prof Salampak bahwa pihaknya juga memberikan pembekalan kepada perangkat desa bagaimana mengelola keuangan desa. Karena kita tahu bahwa sekarang pemerintah mengucurkan dana yang besar dana desa.

“Dan BPKP Kalteng akan memberikan pemahaman dan manajemen terkait dengan pengelolaan dana desa bagi perangkat desa,” tuturnya

Disisi lain juga kata mantan Wakil Rektor Bidang Akademik UPR itu, mahasiswa harus memberikan sosialisasi dan pemahaman kepada masyarakat dan peserta didik yang ada di desa tentang penghapusan tiga dosa besar dunia pendidikan.

BACA JUGA:   Kalapas Sampit dan Ka KPLP Raih Predikat Camlaude Wisuda di UPR

“Tiga dosa besar tersebut yakni, intoleransi, bullying atau perundungan dan pelecehan seksual beserta juga narkoba. Hal tersebut perlu kita pahami agar kita mampu menyiapkan generasi penerus yang lebih baik ke depan,” tegasnya

Taklupa, Rektor juga mengingatkan kepada mahasiswa karena tahun ini sudah mendekati tahun politik maka penting untuk menjaga netralitas dan dirinya sebagai mahasiswa agar tidak terperangkap dalam arus politik praktis.

“Ingat bahwa tujuan utama dalam KKN adalah penelitian dan pengembangan serta bersama membangun desa, sehingga memiliki tata krama dan menghargai budaya agar tidak menimbulkan kegaduhan pada saat melakukan KKN nantinya,” pungkas Rektor. (Rahul)