Pemkab Kapuas Terus Monitoring dan Antisipasi Terjadi Inflasi

IST/BERITA SAMPIT - Staf Ahli Bupati Bidang Perekonomian, Keuangan dan Pembangunan Kabupaten Kapuas, Jaya mengikuti rapat koordinasi pengendalian inflasi daerah.

KUALA KAPUAS – Pemerintah Kabupaten Kapuas melalui Staf Ahli Bupati Bidang Perekonomian, Keuangan dan Pembangunan, Jaya mengikuti rapat koordinasi pengendalian inflasi daerah.

Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Tito Karnavian dalam rapat koordinasi pengendalian inflasi beberapa waktu lalu, menyampaikan upaya yang masih perlu dilakukan untuk mengendalikan inflasi yaitu operasi pasar murah, pemberian Bansos bagi yang tidak mampu, mengecek kebutuhan supply pangan daerah masing – masing, serta melakukan intervensi jika terjadi kenaikan komoditas tertentu.

BACA JUGA:   Edy Pratowo Salurkan Beras Subsidi untuk Pasar Murah di Kabupaten Kapuas

“Menjadi catatan agar kita terus berupaya bersama-sama menjaga inflasi supaya tidak terjadi inflasi yang tinggi dan mengganggu pemulihan ekonomi yang sudah bagus pada semester ini,” katanya dikutip, Jumat 7 Juli 2023.

Tito Karnavian menjelaskan, inflasi yang tinggi berpengaruh terhadap daya beli, kemiskinan, dan seterusnya. Selain itu, Inflasi bahan makanan dan juga energi perlu menjadi perhatian, kemudian komoditas telur dan daging ayam perlu dipantau perkembangan harganya agar di bulan-bulan berikutnya tidak memberikan dorongan inflasi.

BACA JUGA:   Edy Pratowo Salurkan Beras Subsidi untuk Pasar Murah di Kabupaten Kapuas

Sementara itu, berdasarkan pembahasan Rakor Staf Ahli Bupati Bidang Perekonomian, Keuangan dan Pembangunan Kabupaten Kapuas, Jaya mengatakan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti rutin memantau harga dan ketersediaan bahan pokok, menjaga ketahanan pangan serta keamanan pangan.

“Tentunya untuk terus konsisten memonitor dan mengevaluasi serta mengantisipasi agar inflasi tetap terkendali di Kabupaten Kapuas,” ungkapnya. (Hasan)