Hulu Sungai Arut Meluap, Arut Utara Kembali Diterjang Banjir 

IST/BERITA SAMPIT - Tim dari Polsek Aruta saat menyalurkan bansos kepada warga korban banjir.

PANGKALAN BUN – Akibat curah hujan yang tinggi beberapa hari terakhir ini, mengakibatkan hulu sungai Arut meluap,sehingga membanjiri pemukiman penduduk bantaran sungai,seperti yang terjadi di wilayah Kecamatan Arut Utara.

Kapolsek Arut Utara Ipda Edi Hariyanto mengatakan, pihaknya melakukan monitoring perkembangan banjir yang melanda Kecamatan Arut Utara, saat ini Kelurahan Pangkut, Desa Nanga Mua dan desa Kerabu terdampak luapan sungai Arut.

Untuk Kelurahan Pangkut menurut Edi, banjir terjadi di  Rt. 001 dan Rt. 002, dimana ketinggian air sekitar  30  Cm sampai dengan 60 Cm, sementara warga yang terdampak banjir  49 Kepala Keluarga.

Di desa Kerabu sendiri, banjir terjadi di RT. 001, RT. 003, dan RT. 004, dengan ketinggian air sekitar  20 cm sampai 50 cm, jumlah  warga yang terdampak kurang lebih 20 KK. Untuk desa Nanga Mua, banjir terjadi di RT. 003, dengan ketinggian air sekitar 30 cm sampai 50 cm, dan warga yang terdampak banjir  27 KK.

BACA JUGA:   Antisipasi Praktik Curang, Satreskrim Polres Kobar Cek Tiga SPBU

” Banjir berasal dari kiriman hulu sungai Arut akibat dari curah hujan yang cukup tinggi beberapa hari lalu, adapun langkah – langkah yang telah kami lakukan antara lain dengan memberi imbauan kepada warga agar tetap waspada, dengan adanya banjir agar mengamankan harta benda dan surat penting serta jaga keselamatan, mengingat sampai dengan saat ini curah hujan cukup tinggi, ” kata Kapolsek Arut Utara Ipda Edi Hariyanto, Senin 10 Juli 2023.

Kapolsek juga memberikan  imbauan kepada para pengguna jalan baik roda 2 maupun roda 4 untuk berhati – hati pada saat melintas di seputaran jalan yang terendam banjir.

“Selain memberikan imbauan kepada warga yang terdampak banjir, kami pun dengan gerak cepat menyalurkan bantuan sosial bagi warga yang terkena musibah banjir, karena saat ini warga yang terdampak banjir tidak bisa melakukan aktivitas seperti biasanya, sehingga bantuan tersebut untuk meringankan beban,” imbuh Edi.

BACA JUGA:   Kapolres Kobar dan Insan Pers Bagikan Takjil dan Buka Puasa Bersama

Lanjut Edi, Polsek Arut Utara juga melakukan koordinasi dengan Pihak Kecamatan ,dan kelurahan dalam penanganan korban bencana banjir diwilayah kecamatan Arut Utara, dalam hal ini menyiapkan gedung serba guna, sebagai tempat pengungsi dan dapur umum, tempat pengungsian itu juga di sediakan ditiap kelurahan dan desa.

“Sampai saat ini belum ada warga yang terdampak banjir mengungsi, akan tetapi untuk mengantisipasi, kami bersama pihak kecamatan maupun desa telah menyiapkan tempat untuk mengungsi begitu juga dengan dapur umum, kami juga meminta kepada warga jika debit air sungai terus meningkat, dan banjir mulai mengkhawatirkan, sebaiknya segera mencari tempat yang lebih aman, ” pungkas Edi Hariyanto. (Man)