Tekan Potensi Terjadinya Kenaikan Harga, Pemkab Kapuas Gelar Gerakan Pangan Murah

IST/BERITA SAMPIT - Plt Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor menghadiri Kegiatan Gerakan Pangan Murah Kabupaten Kapuas Tahun 2023

KUALA KAPUAS – Plt Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor membuka kegiatan Gerakan Pangan Murah di halaman Kantor Dinas Ketahanan Pangan setempat, Senin 10 Juli 2023 lalu.

Dikatakan bahwa pelaksanaan pangan murah di Kabupaten Kapuas merupakan amanat dari Pemerintah Pusat untuk menjaga stabilitas harga pangan ditingkat konsumen sehingga laju inflasi dapat terjaga.

kegiatan pangan murah ini, lanjutnya,  sebenarnya dilaksanakan serempak seluruh Indonesia pada tanggal 26 Juni 2023, namun untuk Kabupaten Kapuas baru bisa terselenggara pada tanggal 10 Juni 2023.

“Kegiatan Gerakan Pangan Murah untuk menekan potensi terjadinya kenaikan harga pangan dan menjamin ketersediaan bahan pangan yang dibutuhkan oleh masyarakat Kabupaten Kapuas,” ungkap Nafiah.

BACA JUGA:   Edy Pratowo Salurkan Beras Subsidi untuk Pasar Murah di Kabupaten Kapuas

Pelaksanaan pangan murah dilaksanakan melalui kerjasama dari pihak terkait yakni, Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Tengah dan Bulog Kabupaten Kapuas untuk menjaga laju inflasi.

Melalui kegiatan tersebut juga, Nafiah berharap pihak terkait agar terus bekerjasama untuk ikut ambil bagian dan berkontribusi serta menjadikan kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya.

“Saya mengajak kepada masyarakat agar dapat menggunakan kesempatan yang baik ini untuk membeli bahan pangan dengan harga murah atau terjangkau yang sesuai kebutuhan serta dilakukan dengan tertib,” harapnya.

BACA JUGA:   Edy Pratowo Salurkan Beras Subsidi untuk Pasar Murah di Kabupaten Kapuas

Sementara itu Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kapuas Kusmiatie dalam laporannya mengatakan adapun komoditas yang disediakan pada pelaksanaan Gerakan Pangan Murah yaitu; beras, minyak goreng, telur, gula, bawang putih/merah, serta cabai.

“Besar harapan kami kiranya ditahun-tahun berikutnya Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kapuas dapat menyelenggarakan Gerakan Pangan Murah dengan komoditas yang lebih beragam dan jumlah yang lebih banyak dari tahun ini,” jelasnya. (Hasan)