70 Orang Ikuti Bimbingan Teknis Penyuluhan Keamanan Pangan yang Dilaksanakan Dinkes Kapuas

IST/BERITA SAMPIT - Suasana kegiatan bimbingan teknis penyuluhan pangan Seksi Pengelola Kefarmasian Bidang Sumber Daya Kesehatan (SDK).

KUALA KAPUAS – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kapuas selenggarakan bimbingan teknis penyuluhan pangan Seksi Pengelola Kefarmasian Bidang Sumber Daya Kesehatan (SDK).

Sebelumnya pada Rabu 12 Juli 2023 telah diadakan kegiatan Bimbingan Teknis Penyuluhan Keamanan Pangan Bagi Pelaku Usaha Industri Rumah Tangga Pangan (IRTP) Tingkat Kabupaten Kapuas Tahun 2023, bertempat di Aula Hotel Pemuda.

Kegiatan Bimtek dilaksanakan oleh tim Kefarmasian dipimpin oleh ketua tim Yeristiruyeti, S.K.M., M.M. Yeristiruyeti selaku ketua panitia menyampaikan harapannya setelah kegiatan ini Pelaku usaha memenuhi komitmen berupa Persyaratan Label, Cara Produksi Pangan Olahan yang Baik (CPPOB), dan Sertifikat Penyuluhan Keamanan Pangan sesuai peraturan yang berlaku

BACA JUGA:   Edy Pratowo Salurkan Beras Subsidi untuk Pasar Murah di Kabupaten Kapuas

“Diharapkan Pelaku Usaha dapat meningkatkan pengetahuan dan keperdulian pedagang/penyedia makanan terhadap keamanan pangan, sehingga pangan/makanan yang dihasilkan atau di jual aman bergizi dan bermanfaat untuk dikonsumsi,” ungkapnya, Kamis 13 Juni 2023.

Sementara itu Plt Kadinkes dr. Tonun juga menyampaikan memproduksi pangan yang aman dan layak merupakan kewajiban produsen pangan. Beredarnya pangan yg tidak aman selain merugikan konsumen, juga merugikan produsen.

BACA JUGA:   Edy Pratowo Salurkan Beras Subsidi untuk Pasar Murah di Kabupaten Kapuas

“Berpotensi untuk kehilangan kepercayaan dari konsumen, kehilangan peluang perdagangan, penghasilan dan pekerjaan bahkan mungkin akan bermasalah dengan hukum,” jelas dr. Tonun.

Agenda Bimtek ini dihadiri langsung Plt. Kepala Dinas Kabupaten Kapuas dr. Tonun Irawaty Panjaitan, M.M didampingi Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan dan Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan. Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kapuas dr. H. M. Rosihan Anwar.

Adapun peserta pada acara Bimtek ini adalah Pelaku Usaha Rumah Tangga Pangan berjumlah 70 orang. (Hasan)