Pagelaran Busana Pesona Wastra Borneo Tunjukkan Produk Lokal Dapat Dikreasikan Jadi Trend Fashion

IST/BERITA SAMPIT - Ketua TP PKK Provinsi Kalteng selaku Ketua Dekranasda Provinsi Kalteng Ivo Sugianto Sabran

PALANGKA RAYA – Ketua TP PKK Provinsi Kalteng selaku Ketua Dekranasda Provinsi Kalteng Ivo Sugianto Sabran hadiri acara Pagelaran Busana Pesona Wastra Borneo, yang digelar di Indoor GPU Tambun Bungai Palangka Raya, Jumat 14 Juli 2023 kemaren.

Terkait hal itu Ivo mengatakan peningkatan perekonomian daerah salah satunya adalah dengan mendorong pertumbuhan dan produktivitas UMKM daerah yang memiliki potensi untuk dapat bersaing dalam pasar nasional maupun global.

“Salah satu UMKM unggulan Kalimantan Tengah dipresentasikan dalam bentuk karya wastra dan kriya yang memunculkan keindahan dan keunikan budaya Kalimantan Tengah,” ucapnya Sabtu 15 Juli 2023.

BACA JUGA:   Pemkesra Buka Pasar Murah di Kabupaten Gunung Mas

Ivo mengungkapkan Dekranasda Provinsi Kalteng sebagai mitra Pemerintah selalu berkomitmen mengembangkan produk kerajinan sekaligus melestarikan nilai-nilai budaya khas Kalteng yang tercermin dalam produk kerajinan yang diciptakan oleh para pengrajin, Dekranasda juga menyiapkan regenerasi Sumber Daya Manusia (SDM) pengrajin unggul dan mendorong perluasan aksen pasar bagi produk- produk kerajinan Kalteng.

“Dengan adanya pagelaran busana pesona wastra borneo, UMKM unggulan Kalimantan Tengah dapat dipromosikan kepada masyarakat Indonesia secara luas dan masif. Melalui pesona wastra borneo menunjukkan bahwa produk–produk lokal dapat dikreasikan dan dikembangkan menjadi trend fashion yang modern tanpa menghilangkan unsur-unsur kebudayaan lokal, khususnya kebudayaan Kalimantan Tengah,” jelasnya.

BACA JUGA:   Rapat Koordinasi TORA, Nuryakin Berharap Ada Rumusan Menata Kembali

Ivo berharap ke depannya UMKM lokal dapat tumbuh dan berkembang, bahkan dapat menembus pasar ekspor. Untuk itu tentunya perlu dukungan dari masyarakat agar selalu membeli, menggunakan, serta bangga dengan produk-produk lokal. (Hardi)