Dinkes Kapuas Gelar Bimtek Kader Keamanan Pangan

IST/BERITA SAMPIT - Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas

KUALA KAPUAS – Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas melalui Seksi Pengelola Kefarmasian Bidang Sumber Daya Kesehatan (SDK) menggelar kegiatan Bimbingan Teknis Kader Keamanan Pangan Tingkat Kabupaten Kapuas, 25-26 Juli 2023.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kapuas dr. Tonun Irawaty Panjaitan menyamlaikna bahwa keamanan pangan adalah kondisi dan upaya yang diperlukan untuk mencegah pangan dari kemungkinan cemaran biologis, kimia dan benda lain yang dapat menganggu, merugikan dan membahayakan kesehatan manusia serta tidak bertentangan dengan agama, keyakinan dan budaya masyarakat sehingga aman untuk di konsumsi.

BACA JUGA:   Edy Pratowo Salurkan Beras Subsidi untuk Pasar Murah di Kabupaten Kapuas

“Kita ingin meningkatkan pemahaman individu terhadap konsep keamanan pangan perlu disosialisasi keamanan pangan,” ucap Tonum.

Agenda Bimtek ini yang dihadiri langsung Plt. Kepala Dinas Kabupaten Kapuas dr. Tonun Irawaty Panjaitan, Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan dan Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat.

Peserta Bimtek adalah Perangkat Desa, Ketua RT, Ibu PKK, dan UMKM yang berasal dari Kecamatan Anjir Serapat, Lamunti dan Sei Tatas yang yang pernah terjadi KLB (Keracunan Makanan pada Tahun 2019-2023), dengan peserta 30 orang yang di dampingi 1 orang masing-masing dari puskesmas Anjir Serapat, Lamunti dan Sei Tatas.

BACA JUGA:   Edy Pratowo Salurkan Beras Subsidi untuk Pasar Murah di Kabupaten Kapuas

Program kader keamanan pangan merupakan program yang bertujuan untuk meningkatkan kemandirian masyarakat dalam menjamin pemenuhan kebutuhan pangan yang aman sampai pada tingkat perseorangan. salah satu strategi untuk mencapai tujuan tersebut adalah memperkuat kapasitas SDM yang ada didesa/ komunitas/masyarakat.

Bimbingan teknis pelatihan kader keamanan pangan dimaksudkan untuk menyiapkan para kader dalam menjalankan tugas guna meningkatkan keamanan pangan di kabupaten kapuas, oleh karena itu perlu dibekali dengan pengetahuan terkait keamanan pangan. (Hasan)