Ini Informasi Danlanud Iskandar Pangkalan Bun Terkait Helkopter Jenis MI8 Regristrasi EX-08042 Mendarat Darurat di Mendawai Sebrang Kobar

IST/BERITA SAMPIT : Inilah Helikopter Jenis MI-8 dengan nomor registrasi EX-08042 milik BNPB yang mendarat darurat di lahan gambut Kelurahan Mendawai Seberang.

PANGKALAN BUN – Warga di Kelurahan Mendawai Sebrang Kecamatan Arut Selatan (Arsel) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) dikejutkan dengan, adanya Helikopter yang tiba-tiba mendarat di sekitar lahan gambut kosong yang penuh alang-alang,  Rabu 26 Juli 2023, sekitar Pukul 15.00 WIB .

Terkait insiden tersebut, Berikut keterangan Danlanud Iskandar Pangkalan Bun Letkol (PNB) Ig. Widi Nugroho,S.T.,MMDS.

  1. Bahwa benar telah terjadi pendaratan darurat helikopter dengan jenis MI 8 registrasi EX-08042 di Mendawai Seberang. Helikopter tersebut dalam perjalanan dari Palembang ke Pangkalan Bun dengan tujuan akhir Banjarmasin. Helikopter ini disewa oleh BNPB guna melaksanakan misi penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di Kalimantan Selatan.
  2. Pesawat ini mengangkut 6 orang awak pesawat dan kita perlu bersyukur bahwa awak pesawat dan helikopter setelah pendaratan darurat berada dalam keadaan aman dan tidak ada korban jiwa. Adapun penyebab pendaratan darurat masih dalam investigasi karena sebuah peristiwa di dunia aviasi tidak pernah berdiri sendiri sehingga perlu adanya investigasi lebih jauh.
  3. Upaya penanggulangan yang bisa dilakukan sejauh ini adalah mengirimkan tim rescue dari Lanud Iskandar serta dari bandara yang sudah berhasil menjangkau lokasi pesawat, namun karena waktu sudah malam, maka tindakan evakuasi akan dilanjutkan besok pagi.
BACA JUGA:   Flamboyan Bawah Palangka Raya Banjir, Warga Harapkan Bantuan dari Pemerintah

Demikian informasi sementara yang bisa kami sampaikan, diucapkan terima kasih. (Man/Rilis)