Dewan Minta Pemkab Lakukan Pembinaan Terhadap Para Petani

AHMAD/BERITA SAMPIT - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan Zuli Eko Prasetyo.

KUALA PEMBUANG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan meminta kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seruyan melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkaitnya agar bisa melakukan pembinaan terhadap masyarakat petani yang ada di wilayah setempat.

Ketua DPRD Seruyan Zuli Eko Prasetyo mengatakan, pembinaan yang dilakukan tentunya bertujuan untuk meningkatkan hasil produksi padi, dengan orientasi mewujudkan ketahanan pangan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

BACA JUGA:   Susun Jadwal, DPRD Gelar Banmus bersama Eksekutif

“Kita minta agar pembinaan kepada para petani itu bisa terus dilakukan. Agar nanti setelah adanya pembinaan, mungkin yang biasanya dalam satu hektare itu cuman dapat 1 atau dua ton, bisa meningkat menjadi tiga atau empat ton,” katanya, Kamis 27 Juli 2023.

Disamping itu, pembinaan ini juga dilakukan seiring dengan keinginan dari banyak pihak yang menghendaki pertanian di Kabupaten Seruyan bisa melaksanakan dua atau bahkan tiga kali panen dalam kurun waktu satu tahun.

BACA JUGA:   Susun Jadwal, DPRD Gelar Banmus bersama Eksekutif

Ia menjelaskan, selain memang pembinaan terhadap para petani mengenai perubahan siklus tersebut, tentunya juga harus didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai.

“Kita harus siapkan infrastruktur pendukungnya, termasuk alat mesin pertanian (alsintan) yang memadai. Karena banyak juga keluhan dari masyarakat petani yang mengaspirasikan kekurangan aslintan,” pungkasnya.